Blog Mahasiswa FEUI – Manajemen angkatan 2006

Formula Nilai

Yang namanya orang kuliah, pasti ujung ujungnya ngomongin soal nilai. Nilai nilai itulah yang nantinya menentukan kelulusan si mahasiswa.
Nilai nilai itu juga yang membedakan mana mahassiwa berprestasi dengan mahasiswa yang kurang.

Trus, gimana sih supaya dapet nilai bagus…. sukur sukur bisa kumlaut (cum laude)?

Well… dari pengalaman kuliah di PEFEUI, yang namanya otak cerdas itu cuma memegang sekitar 20% (hihihi… berita bagus nih buat yang ngerasa dirinya ga cerdas).
Trus sisanya yang 80% apa?
Kalo dari pengalaman saya, sisa yang 80% itu terdiri dari kombinasi :

  • Semangat belajar : 15%
  • Strategi memilih dosen : 20%
  • Kerja keras : 20%
  • Strategi memilih teman : 10%
  • Keberuntungan : 15%
  • Penjelasannya gini… (kalo yang soal otak ga usah dijelasin yah).

    Semangat Belajar : 15%

    Semangat itu penting, karena semangat akan jadi motivasi yang menggerakkan seseorang untuk mencapai / mengejar hasil yang maksimal. Seorang mahasiswa PEFEUI harus memiliki visi yang benar mengenai “kenapa gue kuliah di sini…. apa yang gue cari di sini”. Kalo semangatnya adalah untuk mempersiapkan masa depan, maka biasanya dia akan fighht abis abisan untuk masa depannya tersebut. Tetapi kalo dia ga punya cita cita…. kuliah cuma asal kuliah…. atau kuliah cuma untuk ngisi waktu luang…. atau cuma untuk memperluas relasi, cari teman hahahehe hahahehe… yah most likely dia juga ga akan serius dalam belajar. Kalo diibaratkan kendaraan, otak adalah mesin utama, sementara semangat adalah bahan bakar yang berperan penting untuk mengantarkan seseorang sampai kepada tujuan. Mesin tanpa bahan bakar ga akan bisa bergerak.

    Strategi Memilih Dosen : 20%

    Udah bukan rahasia lagi bahwa yang namanya dosen itu ada yang sangat baik hati, ada yang super killer. Ada dosen yang pinter untuk dirinya sendiri (tapi ga bisa njelasin ke mahasiswa), tapi ada juga dosen yang jago njelasin. Ada dosen dosen yang senang kalau mahasiswanya sukses, tapi ada jg dosen yang kayaknya ga rela mahasiswanya lulus dengan nilai cemerlang. Ada dosen yang hura hura dengan nilai A, tetapi ada dosen yang ngasih standard tinggi bener, sehingga tingkat kelulusan dikelasnya bisa kurang dari 50% (dan yang lulus pun cuma dapet nilai C). Maka dari itu, pemilihan dosen memegang peranan penting dalam keberhasilan si mahasiswa.
    Kalau diibaratkan kendaraan tadi… pemilihan dosen itu sama seperti pemilihan rute yang akan dilewati. Ada rute yang mulus, ada yang offroad, ada yang berlobang, ada yang tepi jurang, ada yang hutan hutan….. macem macem deh.

    Kerja Keras : 20%

    Banyak temen temen saya yang sebenernya ga memiliki otak brilian, tetapi mereka memiliki semangat kerja yang luar biasa. Mereka mau begadang belajar. Mereka mau “walk extra mile” saat mempersiapkan presentasi supaya hasilnya outstanding. Mereka mau bersusah susah demi mendapat hasil yang bagus. Dan hasil akhirnya, mereka bisa mendapat nilai yang bagus.
    Kerja keras adalah pelumas. Mesin yang bagus, memiliki bahan bakar yang cukup, memilih rute yang mulus, tetapi tidak memiliki pelumas, maka bisa bisa mesin akan rusak sebelum sampai ditujuan. Kerja keras akan sangat mempengaruhi nilai akhir.

    Strategi Memilih Teman : 10%

    Pemilihan teman disini maksudnya adalah mencari rekan rekan yang chemistry-nya nyambung dengan kita dalam belajar dan kerja kelompok. Saya biasanya membagi teman dalam 2 golongan, teman main (yang enak diajak cekakak cekikik) dan teman belajar dan bekerja (yang enak diajak belajar dan bekerja). Salah memilih teman akan membuat kerja kelompok tidak maksimal. Kita ga bisa bohongin bahwa chemistry dalam bekerja sama itu ada dan penting banget. Jangan sampai kita memilih teman kelompok yang kalo ngomong ga nyambung…. bikin jadwal janjian kerja bareng juga ga ketemu ketemu…. kalo dikasih kerjaan ternyata ga diselesaikan sesuai target…. ada yang cuma numpang nama tapi ga ikutan kerja……(dan kita pun jangan jadi orang yang seperti itu). Jangan sampai kita satu kelompok dengan seorang (atau beberapa orang) free riders.
    Kalau sampai kita terjebak disituasi seperti itu, alamatnya kita harus bekerja lebih keras demi meng-cover kerjaan teman yang under performed. Kalo kita ga mau lakukan itu, yah endingnya nilai kita jadi tarohan.

    Keberuntungan : 15%

    Hehehehe…. mungkin ini adalah komponen yang paling aneh. Well…. but it’s true. Ada kalanya keberuntungan mengambil peran penting dalam keberhasilan seseorang. Saya pribadi sering mengalami hal tersebut. Contoh gampangnya adalah ketika saya (karena satu dan lain hal) cuma sempet belajar 15 menit sebelum ujian, ternyata yang saya baca dalam 15 menit tersebut adalah yang keluar di ujian. Teman saya yang belajar berhari hari sebelumnya ternyata mendapat nilai lebih rendah dari saya karena yang dipelajari bukan yang keluar di ujian.
    Tetapi saya juga pernah mengalami ketidak beruntungan. Saya belajar dengan sungguh sungguh ketika akan ujian, bahkan saya ngajarin teman teman saya untuk mata kuliah tersebut. Tapi ternyata pas ujian, mendadak otak saya menjadi blank. Semua yang saya pelajari hilang lenyap. Begitu nilai keluar, saya cuma dapet nilai 30, sementara teman teman yang saya ajari sebelumnya mendapat nilai diatas 60 semua.
    Ada banyak faktor keberuntungan yang mengambil peranan dalam keberhasilan seseorang.

     

    Penutup

    Nah, kalau dilihat dari formula yang saya sebutkan di atas, maka dari rumusan tersebut hanya 2 hal yang berada di luar dari kontrol si mahasiswa, yaitu masalah kapasitas otak dan keberuntungan. Secara total, kedua hal tersebut mempengaruhi hanya sebesar 35% dari hasil akhir. Sisanya ada di tangan kita.
    So, make sure aja bahwa kita memiliki semangat yang besar, memilih dosen yang tepat, kita mau bekerja keras, dan kita memilih teman teman yang tepat.

    Comments on: "Formula Nilai" (22)

    1. Nice post…
      ^__^

    2. Erwin Olimpic said:

      Informasi yang Bermanfaat Bung Firman..

    3. Fajar Adi said:

      pren, aku sekarang diterima di Manajemen ekstensi UI, kira-kira sistem SKS (sistem Kebut Semalam, sebelum ujian, red) efektif tidak?
      kedua, boleh dong minjem buku-buku ajar mata kuliah manajemen?
      thanks before ya..

      • Kalo kamu ngga ngejar ilmu tp cuma ngejar nilai, mungkin aja bisa. Tapi itu pun tergantung dosennya.
        Ada dosen dosen yang menghargai kuis kuis dan tugas tugas.
        Saya ga sarankan untuk SKS. Silahkan baca trik kuliah di PEFEUI.

        Buku juga disarankan untuk punya (walaupun fotokopian).
        Beberapa softcopy sudah tersedia di download menu di blog ini.

        • Fajar Adi said:

          Thanks ya atas input nya, bermanfaat banget nih kawan.. menurutku, ide blog ini briliant banget.

          btw, bisa dong kita adain kumpul2 antar angkatan, tujuannya biar lebih akrab, dan tentunya utk tujuan masa depan yg lebih banyak, mengenai karir (pekerjaan), jodoh (hehe barangkali senior ada yg suka juniornya), dll…
          sekali lg thanks ya…

        • mas firman sy adlah mantan mhsswa dri perguruuan tnggi swsta di jkt tp sya mmtskn tidak menerusakn jurusan yg sy ambil alias ga kelar karena banyak faktor dan lain hal dan karena sy merasa salah mengambil jurusan tadinya cuma iku2an temen tnpa saya sadari sy tidak cocok di jurusan itu,pertaanyyan saya apakah saya bisa diterima di pe fe ui kalo ngambil dari awal alias daftar pake ijazah smk.mhn saran n penjelasnya.thanx

    4. Halo Senior,
      Ada yang mau berbagi buku2 lungsuran kuliahnya pada saya🙂 ?
      dengan senang hati saya mau menampungnya lho….

    5. Hai..
      gw bener bener salut ma ide blog ini…
      sangat memabntu dan moga semua kebaikan tercurah untuk pembuat blog atas effort dan jasanya.

      Gw mau tanay nih,
      temen guwe kebetulan amsuk extensi UI, trs dia di SIAK NG nya pembimbing akademiknya pak Imo Gandakusuma, padahal dia kan kul di depok dan Pak Imo kulihat2 jadwalnya di Salemba saja.
      Dia udah tanya sih pas di salemba, katanya g papa, karena Pak Imo adalah Kajur sekarang..

      Ada inputan tenant PA temen gw itu gak yah?

      thx bgt .. dan sekali lagis emoga amal dan kebaikkannya menjadi amalan yang tak terputus,s ellau dibals dan etrcurah untukmu.

    6. wah sama donk gw PA nya pak Imo, tapi gw di depok, kejauhan ga tuh klo dia di salemba mulu? :hammer:

    7. @Indonesian Free Photos Stocks dan Agung
      Ga masalah kok. Kalian cuma akan berurusan dengan PA di saat saat khusus aja, misal waktu ada masalah nilai atau pemilihan mata kuliah. Dalam keseharian ga akan berurusan sama PA.
      PA bertugas membantu mahasiswa kalau ada kesulitan terkait akademik.
      Saya sendiri dulu cuma 1x ketemu dengan PA. Malahan 95% teman teman seangkatan saya ga pernah bertemu dengan PA.
      PA bisa dihubungi melalui SIAK NG.

    8. kakak senior yang baek,
      gimana dg PSAU? apakah pentng bgt? soalnya aku gak bisa dateng akrena ada urusan yg puenting bgt!! mungkin bisa sdikt dijelaskan apa itu PSAU??

      many thanks for you!!🙂 keep sharing

    9. DOA…!!!

      Perasaan dl gwe dapet Cumloude karna doa…,

    10. yaelah…ini blog udah lama bgt ya….gw aja angktan 2010,,,alias msh ting2..,,gw gtau nih yg bgmn yg mst gw pilih…,,,saran donk…,,,moga ni wordpress msh jalan deh

      • masih idup kok….🙂
        kadang kadang masih di-update….

        semua comment masih dipantau…. kalo ada yang ngaco dihapus….🙂

        maksudnya minta saran milih apa? kekhususan?

    11. izin repost ya keren!

    12. Hendra Jaya said:

      Met pagi Bro Snowy

      Salam kenal, kalo boleh mau tanya nih beberapa hal :
      1. Tahun 2011 ini PEFEU masih ada ga ya, kalo ada kapan jadwal pendaftaran & test masuknya ?
      2. Perkiraan berapa biaya kuliahnya per semester ?
      3. Selain manajemen & Akutansi ada program study apa lagi ya ?

      Atas perhatian & jawabannya saya ucapkan Makasih Bro,

      • Bro Hendra,
        1. Setau saya sih masih ada. Biasanya sih dari tahun tahun kemarin pendaftaran sekitar Juni – Juli. Test masuk sekitar Agustus, dan mulai perkuliahan September. Jadi dengan asumsi bahwa jadwalnya belum bergeser maka bulan Oktober ini sudah telat.
        2. Yang ini saya ga tau karena saya sudah lulus dari tahun 2009. Kalo ga salah denger saat ini sekitar 8 juta. Saya angkatan 2006 dan waktu itu saja sudah 4.5 juta.
        3. Untuk PE-FEUI memang cuma Manajemen dan Akuntansi (sesuai dengan kelas reguler FEUI). Untuk yang mengambil Manajemen nantinya akan ada kekhususan lagi, misalkan Manajemen Bisnis, Manajemen UKM, Manajemen Syariah, dll dll dll.

        Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa coba kontak ke sekretariat FEUI. Saya khawatir jawaban saya ga valid (karena sudah lama lulus jadi ga tau info2 paling update).
        FYI : blog ini bukan media resmi FEUI.

    13. Tapi sekarang strategi memilih dosen sudah digolongkan kedalam faktor kleberuntungan, soalnya daftar dosennya diacak sama birpend setelah regol, jadi faktor keberuntungan jadi 35%, d tambah faktor otak 20%, jadinya 55% sekarang…

    14. Berdoa kok nggak ada?

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    Tag Cloud

    %d bloggers like this: