Blog Mahasiswa FEUI – Manajemen angkatan 2006

Disclaimer :

Testimonial ini tidak ditujukan sebagai sarana pemujaan individu maupun pembunuhan karakter. Testimonial ini bertujuan untuk membantu mahasiswa mempersiapkan diri dan antisipasi dalam menghadapi dosen yang bersangkutan dan untuk memberikan masukan obyektif bagi dosen.

Bagi yang akan memberikan testimonial diharapkan untuk memberikan penilaian obyektif. Moderator berhak menghapus testimonial atau komentar yang dianggap mengganggu.


Comments on: "Testimonial : Emil Bachtiar S.E., M.Com" (13)

  1. MoonlightLady said:

    Opini kakak tentang dosen ini?

  2. Emil Bachtiar said:

    Berikut ini adalah beberapa komen dari mahasiswa ASP Ekstensi Depok semester 1 tahun 2013/2014 yang saya copas dari edom

    1. Saya kecewa dengan perkuliahan Pak Emil. Sampai waktu uts, saya belum mendapat apa-apa dari beliau.

    2. bapak ini orangnya cukup kritis. namun di kelas pak emil presentasi mulu tiap pertemuan. mungkin sesekali bisa diselingi lecturing materi. karena terkadang penyampaian materi presentasi oleh kelompok mahasiswa gak nyambung dengan silabus. sehingga ketika uts/uas mahasiswa mengalami kesulitan. semoga bisa diperbaiki pak.

    3. mohon dapat memberikan dan menyampaikan materi perkuliahan dgn jelas sebelum pembahasan kasus agar tercipta suasana belajar yang kondusif dan dapat membantu mahasiswa dlm memahami materi yg ada karena bnyk teman2 mahasiswa yg lain kurang memahami materi yg disampaikan terima masih

    Saran: jangan pilih kelas saya

  3. semoga pak emil tidak seperti yg dtulis anak vokasi

    • well…pak emil tidak seperti yang dtulis diatas ternyata,,awalnya memang tampak sangat keras dan displin bapaknya, namun setelah diskusi berjalan dengan lancar,,pertemuan2 berikutnya kami mulai bisa mengerti sikap bapaknya…JANGAN BENGONG KALAU DITANYA. Harus ada inisiatif buat diskusi…udah sih gitu aja,,bapaknya membuat kami mengerti tentang CG dengan caranya sendiri, cara yang hanya bisa dimengerti oleh kami yang JANTAN, salam kelas JANTAN 2014🙂

  4. Pak emil menurut saya adalah dosen yang baik. Dia bukan tipe dosen yang full lecturing dari awal sampe akhir. Dia mau mahasiswanya yang pro aktif dan menggali ilmu dari matakuliah tersebut , bukan disuapin melalui full lecturing . Setiap minggu ada presentasi namun presentasi tersebut sangat membantu untuk memahami materi yang dibahas karena pak emil selalu menanyakan semua mahasiswanya baik yang presentasi maupun yang tidak sehingga membuat semua mahasiswanya harus berpikir untuk memberikan jawaban yang tepat. Dari proses Tanya jawab secara acak seperti itu, saya mengerti materi yang dipresentasikan pada hari tersebut dan membuat saya mampu mengerjakan soal uts dan uas dan menjelaskannya kembali secara sistematis dengan menggunakan bahasa sendiri.Intinya kalo diikuti dengan baik, enak banget kelas pak emil karena kita pasti dapet ilmunya dan nggak kosong otaknya pas keluar kelas. Kalo presentasi usahain pake grafik flowchart tabel , Level 0DFD (mata kuliah SIA)karena bapak ini suka penjelasan berdasarkan gambar. penjelasan pas presentasi maupun ujian harus sistematis dan runut, nggak boleh kebanyakan ngomong tapi nggak dapet pointnya. Nilai Sangat baik menurut saya. jadi kesimpulannya pak emil highly recommended lecturer

  5. dikelasnya (asp) sih ribet, tugasnya banyak revisi mulu. nilainya sih lumayan lah, rekomen

    • sim2015 said:

      Hmm gue kira gara” dia nyecer bakal baik bgt nilainya ternyata ya gitu deh kalo lo dan suasana kelas lo ambi , dia bakalan baik ngasih nilai partisipasinya. Yah sekian aja sih

  6. Dosen ini oke kok. gaenaknya gue di sim dulu tiap minggu ada tugas dan tugasnya ada tugas individu sama tugas kelompok 2, jadi repot aja. Terus di kelas bakal ditanyain jawaban2 dari tugas individu & kelompok tsb. Dan pertanyaannya juga banyak dan cukup annoying, tapi kalo lo bisa jawab disaat giliran lo lo aman kok. Klo gue perhatiin pertanyaan dia bukan tipe pertanyaan yang susah gitu walaupun banyak, jadi masih bisa dijawab apalagi SIM cukup pengetahuan umum sekitar. Asalkan lo pas tugas akhir presentasi bagus, nilai minimal B+ A- lah sama dia

  7. Diajar Pak Emil pas kelas SIA. Emang agak ribet soalnya tiap minggu selalu ada tugas, tugas individu dan tugas kelompok. Tugas kelompok dikumupin dan di presentasiin tapi beliau yang nentuin siapa yang maju presentasi, seringnya yg disuruh maju itu yg jawabannya bener dan seperti yg dia mau yaitu ada flowchartnya. buat tugas individu ga perlu dikumpulin tp ditanyain satu2 pokoknya harus bisa jawab jangan bengong dan kalo dpt pertanyaan lemparan usahain jawab jgn ga jwb ya. kalo tugas akhir lo bagus insyaallah B+ A- lah udh di tangan, jangan lupa selalu pake gambar mulai dr context sampe flowchart kalo bisa karna pak Emil suka bgt sama yang ada flowchartnya. Semangat

  8. Masuk kelas SIA-nya Pak Emil.
    Kalimat pertama yang saya ingat dari pertemuan pertama: “Jangan pilih kelas saya”

    Tiap pekan ada tugas, tugas individu dan tugas kelompok,
    Ada presentasi acak juga (walaupun akhirnya semua kelompok kebagian presentasi)
    Kalau tugasnya bagus, dibilang bagus
    Kalau tugasnya berantakan juga dibilang jelek langsung di depan seisi kelas
    Saran: kerjakan tugas dengan sungguh-sungguh, karena….
    semua tugas/presentasi masuk dengan rinci ke komponen nilai, jadi setidaknya tahu kalau nilai nggak memuaskan, jebloknya dimana.

    Kalau buat nilai, menurut saya LUAR BIASA baik, nggak nyangka.

    Kalau kamu tipe yang nggak ngerti-ngerti amat tapi pengen dapet nilai lumayan, pilih Bapak ini.

  9. Dapet bapak ini di kelas SIM. Kalo lu meratiin bapak ini di kelas nanya2in anak2 dan meratiin jawaban dari bapaknya, sebenernya lu bisa ngerti banget tentang SIM. Cuma siap2 aja karena tugasnya banyak dan ada tiap pertemuan. Nilai kalo buat gw sih rasanya sangat objektif dan high expectation. Temen2 gw yang nilainya bagus tuh kemungkinannya 2: (1) Lu jawab soal ujian pake flowchart2, gangerti juga apa hubungannya flowchart dengan nilai bagus. (2) lu punya wawasan pengetahuan tentang IT dan kemampuan analisis yang sangat baik. Gw sendiri mendapatkan nilai yang tidak memuaskan di seluruh komponen nilai yang dinilai beliau.

  10. Diajar sama beliau, suasana awalnya emg agak tegang karena bawaan dari doi, tapi makin kesini, udah terbiasa aja sama beliau. Komennya kadang2 pedes, tapi kalo emg bagus beneran dipuji. Tugasnya mingguan tapi ga sebeban itu sih. Buat nilai, beliau fair, sesuai effort dan untuk komponen tugasnya baikk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: