Blog Mahasiswa FEUI – Manajemen angkatan 2006

Kamu tau dong milis itu apa ? Milis itu sejenis bumbu dapur yang dipake untuk menambah cita rasa pedas. Hahahahaha. Just kidding.

Milis adalah akronim dari mailing list. Cari aja di wikipedia untuk penjelasan lebih jauhnya.

Saya sendiri mengikuti beberapa milis, beberapa diantaranya saya adalah member yang aktif (maksudnya sering berkomentar), di beberapa milis lainnya saya cuma jadi penonton saja, dan di beberapa milis saya diangkat menjadi moderator (bahkan owner).

Saya membagi milis dalam beberapa group.

  • Milis alumni
  • Milis hore hore
  • Milis hobi
  • Milis pegembangan diri
  • Milis pencari pekerjaan

OK, kita bahas satu satu yah….

Milis Alumni.

Ikutan milis alumni adalah wajib hukumnya. Alasannya adalah sebagai berikut :

  • Network yang tidak perlu terlalu repot dibangun karena satu almamater.
  • Menjaga tali silaturahmi dengan teman teman satu almamater.
  • Di milis alumni, sebagian member (atau mungkin seluruhnya) sudah saling kenal. Ini adalah keuntungan yang sukar didapatkan dari tempat lain. Ga cuma kenal, tetapi mungkin pernah senasib sepenanggungan dan pernah merasakan suka duka bersama.
  • Di milis alumni kita cenderung tidak memakai “topeng” karena masing masing orang biasanya sudah tau sifat masing masing. Hal ini pun merupakan keuntungan yang jarang didapatkan di tempat lain. Dengan tidak memakai topeng tersebut, kita bisa dapat membedakan mana saja teman yang prospektif untuk dijadikan rekan bisnis, mana yang cocok untuk teman hang out, mana yang cuma sekedar tahu bahwa kita satu almamater.

Milis teman satu angkatan yang saat ini masih sama sama sekolah / kuliah bisa dimasukkan disini, karena toh suatu saat akan sama sama lulus (atau minimal Drop Out… hahahahaha). Selain itu, milis teman sekelas memiliki kesamaan sifat dengan yang sudah dikupas diatas.

Milis Hore Hore

Milis ini ga wajib diikuti kok, apalagi yang kerjaannya banyak. Milis kategori hore hore ini adalah milis yang isinya ga jelas juntrungannya, tetapi cuma tempat kongkow kongkow di dunia maya. Beberapa milis yang sifatnya komunitas pun saya masukkan dalam milis hore hore (seperti komunitas pembaca majalah tertentu, komunitas pendengar radio tertentu, komunitas warga suatu daerah tertentu). Satu satunya keuntungan mengikuti milis ini adalah untuk tempat pelarian dari tekanan pekerjaan. Seringkali kita harus “break away” dari tekanan kerjaan, dan milis hore hore adalah salah satu tempat yang murah meriah.

Milis Hobi

Milis hobi agak agak serupa tapi tak sama dengan milis hore hore. Milis hobi biasanya berisikan member member yang fokus membicarakan suatu topik karena kesamaan minat dan hobi. Keuntungan mengikuti milis hobi adalah :

  • Memperluas pengetahuan dengan sharing informasi dan pengalaman mengenai topik yang dibahas.
  • Memperluas jaringan pertemanan. Hal ini penting, sehingga apabila suatu waktu kita membutuhkan pertolongan / informasi, kita bisa tahu kemana harus mencarinya.
  • Terkadang memiliki prospek bisnis.

Beberapa milis yang termasuk dalam kategori milis hobi antara lain : milis pengguna kendaraan tertentu (klub mobil, atau klub motor tertentu), milis pecinta makanan, milis para divers, dll.

Milis Pengembangan Diri

Beberapa milis yang termasuk dalam kategori pengembangan diri antara lain : milis yang menyangkut pekerjaan (misal milis para programmer Java, atau milis para dosen), milis yang menyangkut religi (milis keagamaan), milis self improvement (seperti milisnya Mario Teguh), dll dll. Keuntungan mengikuti milis ini antara lain :

  • Kursus gratis dari para pakar
  • Terkadang ada perdebatan antara member, sehingga makin memperkaya pengetahuan
  • Memperluas jaringan
  • Memperkaya pengetahuan kita dan mengajar kita untuk lebih maju

Milis Pencari Pekerjaan

Ada beberapa milis yang isinya adalah lowongan pekerjaan, lowongan pekerjaan, dan lowongan pekerjaan. Adanya milis pencari kerja menguntungkan banyak pihak, tapi sekaligus mengandung potensi bahaya yang patut diwaspadai oleh para pencari kerja. “Mudah” dan “Murah” menjadi kata kunci yang menunjukkan keunggulan dan sekaligus kekurangannya.

Bagi para pencari kerja, milis ini adalah sarana murah meriah untuk mendapatkan informasi pekerjaan. Bagi perusahaan yang mencari pegawai pun keberadaan milis juga sangat membantu untuk menyebarkan informasi secara masif dan instant. Kenapa ? Karena Mudah dan murah.🙂

Bahaya yang tersembunyi dari milis ini adalah karena mudah dan murah, maka banyak lowongan fiktif yang disebarkan pihak pihak yang bertujuan untuk menipu. Banyak testimonial tentang orang orang yang pernah ditipu oleh lowongan pekerjaan  yang dikirim ke milis. Kenapa ? Karena Mudah dan Murah😦

So, kalo ada yang bilang ikutan milis itu korupsi waktu dan merugikan, maka harusnya dia belajar bahwa di era informasi ini milis bisa jadi sumber yang menguntungkan.🙂

Comments on: "Ikutan Milis Itu Penting…." (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: