Blog Mahasiswa FEUI – Manajemen angkatan 2006

Ah Aku Malu…..

Photobucket

Tgl 26 Januari 2008 kemarin, saya menghadiri reuni SMA. Well, not a real reuni sih… karena emang ga resmi dan target pesertanya ga banyak banyak amat. By the way, dulu saya sekolah di SMA 39 mulai tahun 1992 – 1995. Ketika penjurusan (lebih tepatnya penjerumusan), saya memilih masuk A1 atau jurusan Fisika, semata mata karena gengsi. Dulu di otak saya, anak2 Fisika itu kumpulan anak anak yang cerdas, sementara anak anak Sos itu kumpulan orang orang buangan. Ternyata saya salah. Saya keteteran belajar di Fisika. Dan pada saat umur saya mendekati 20an akhir, saya bener bener lebih tertarik dengan dunia bisnis ketimbang dunia teknis. Hehehehehe.

OK, back to the reunion.
Ketika panitia mulai ngomporin temen temen untuk ikutan acara, saya termasuk yang ikutan repot ngomporin temen temen. Minimal temen temen se-gank waktu SMA dulu. Maksudnya temen se-gank adalah teman nyontek. Hahahaha

Jujur aja, saya emang mencari “pasukan” buat sama sama datang ke reuni karena takut nantinya saya akan cengo disana (karena takutnya yang datang ngga ada yang pernah akrab dengan saya waktu jaman SMA dulu). Satu persatu saya hubungi teman teman saya melalui sms ataupun saya telpon langsung.

Jawaban yang saya terima ternyata seragam :
* Siapa aja Man yang bakal dateng ?
* Gue males ah kalo ga ada anak anak (maksudnya temen se gank dulu), ntar gue cengo lagi disana….

Sigh….

Ada yang memakai alasan2 lain yang lebih halus, seperti ada acara keluarga, ada kerjaan, ada persekutuan di gereja dll dll.

Oh come on…. ga tiap hari lho reunian.
Setelah lulus tahun 1995, inilah pertama kalinya kita ketemuan lagi. COME ON…. It’s been 12.5 years.

Anywey…. let’s forget about what happened. The occasion was succesful, and I feel so sorry for those who can not (or wont) attend it. It’s their lost.

Let’s talk about the barrier.

Apa yang terjadi di teman teman saya, kemungkinan besar merupakan sample terhadap populasi sebagian besar masyarakat Indonesia.
Rasa malu dan tidak percaya diri (bahwa teman2nya masih mengenal mereka atau bahkan teman2nya merindukan untuk bertemu dengan mereka) mengakibatkan mereka enggan untuk hadir. Yup… rasa MALU telah mengakibatkan mereka enggan untuk melangkah.

Ada banyak sekali nilai positif dari acara reuni tersebut… peluang usaha, peluang bisnis, peluang asmara (hehehehe, masih ada temen2 yang jomblo) dan peluang peluang lainnya. Bayangkan, si A kerja di PT X, dan si B ternyata membutuhkan layanan yang bisa diprovide oleh PT X. Si A dan si B bisa saling memberi informasi dan membuat roda bisnis mereka berputar.

Rasa MALU membuat teman teman kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.
Hitunglah berapa besar kerugian yang diakibatkan karena rasa MALU.

Di kejadian lain, seorang teman bercerita betapa malunya dirinya untuk memberikan sebuah kado ultah bagi temannya yang ditaksirnya. Sampai saat ini, teman saya masih tidak berani memberikan kado ultah tersebut. Ah, sayang sekali…

Minder, malu, ga pede dan saudara saudaranya adalah bahaya dari dalam diri sendiri yang seharusnya bisa dieliminasi. Rasa malu beralamat di area yang termasuk dalam comfort zone. Dan yang namanya Comfort Zone sebenarnya merupakan zona paling berbahaya dalam kehidupan seseorang. Most deadly zone in someone’s life.
Sekali saja kita tinggal dalam comfort zone, maka kita akan berhenti bergerak dan mulai berpuas diri.

Lalu apakah kita ga boleh sekali sekali merasa “aman” ? Oh ya bolehlah. Tapi jangan terlalu lama berada di area tersebut. Life is a journey, not a destination. You only can stop and rest in destination.

Comments on: "Ah Aku Malu….." (1)

  1. wah tulisannya udah cukup lama ya😀
    saya juga alumni 39, makanya tadi ‘tertarik’ untuk ngeklik tulisan ini..

    tulisannya bagus, semoga saya tidak termasuk dalam orang2 yang minder😀

    sukses terus kak!🙂

Leave a Reply

Tag Cloud

