Blog Mahasiswa FEUI – Manajemen angkatan 2006

Disclaimer :

Testimonial ini tidak ditujukan sebagai sarana pemujaan individu maupun pembunuhan karakter. Testimonial ini bertujuan untuk membantu mahasiswa mempersiapkan diri dan antisipasi dalam menghadapi dosen yang bersangkutan dan untuk memberikan masukan obyektif bagi dosen.

Bagi yang akan memberikan testimonial diharapkan untuk memberikan penilaian obyektif. Moderator berhak menghapus testimonial atau komentar yang dianggap mengganggu.


Iwhan Agung :

Gimana yah…gw agak2 bingung jg. Sebenarnya beliau ngajarnya kurang enak. Hanya model full presentasi dari partisipasi mahasiswa, selbihnya hanya 15-20 menit dia nambahin kalo ada yang kurang jelas. Suasana belajar boring, ga ada gregetnya. Tapi kalo gw lihat sebenarnya pemberian nilai cukup obyektive. Namun ada beberapa hal yg kita sesalkan selama mengajar Pemasaran kemarin. Dia tergolong tidak bisa berkomitmen secara tegas. Artinya dia sering tidak masuk mendadak tanpa ada pengumuman sebelumnya (maklum banyak proyek jg), dan koordiasi dengan kelas kurang baik. Yg lebih mengecewakan adalah waktu itu jatah kelompok kami berpresentasi, kami udah datang sesuai jam kuliah dan siap presentasi, tapi beliau ga masuk mendadak. Terus seenaknya memberikan kuliah pengganti tanpa memperhatikan kepentingan kelompok kami yang harus masuk kerja, alhasil 2 anggota keompok ga bisa dateng presentasi.
Kemudian selang beberapa hari kita menanyakan bagaimana solusi bagi yg belum presentasi, jawaban yang dilontarkan adalah ” Yah gimana lagi…..??” dia justru balik nanya lagi tanpa adanya komitmen yang dihasilkan. Sampe akhirnya jadwal UAS tiba, belum ada kejelasan jg. Ujung2nya nilai yng ga presentasi anjlllooooooook jauh beda dengan yg presentasi.
Kesimpulan : sebenarnya nilai enak, obyektif, namun kita harus jeli kalau ada masalah. Kejar dia sampai beliau berkomitmen……Itu deh menurut gw kuncinya. Semoga bermanfaat….Cheers

Comments on: "Testimonial : Rambat Lupiyoadi S.E., M.E" (13)

  1. Pengalaman saya kok malah sebaliknya ya. Selama saya pernah di kelas p Rambat selalu beliau yg mengajar, bukan presentasi mahasiswa.Kemungkinan pas MK Pemasaran di salemba karena kelas paralel silabusnya sepakat utk mahasiswa yg presentasi.Tapi saya yakin, maksudnya pasti baik, agar mhs prepare dan kemampuan presentasinya jadi bagus. Dg metode ini, tanggung jawab kelas ada di klp presentator & ini menjadi penilaian bagus tidaknya klp presentator tersebut.
    Setahu saya, pak Rambat malah coba menerapkan PBL&experiential learning di kelas. Jadi menurut gue, sebaiknya temen2 jgn hanya menjadikan forum ini utk mencela dosen atau ngomongin jelek2nya,obyektif lah…:)

  2. hmmmm gmn ya…seinget ku pak rambat biasanya ngasih tau kalo mau nggak masuk (dan digantikan oleh dosen pengganti atau ganti hari), mungkin karena iwhan du2k di belakng, jadi suara pak rambat pas ngasih tau ganti hari/dosen gak kedengeran yaks..kalah ma suara anak2 yg suka ribut..hehehhe… dan gw setuju ma 2-testi di atas..Nilainya objectiv…tak kan lari pak rambat di kejar…(nilainya)..:p

  3. Pak Rambat? mantabbb!!! two thumbs up!!
    asik deh pokoknya..
    ga ada uas..cuma tgs kelompok..
    jd klo ambil byk mata kuliah yg ribet2..mending slh satunya ambil dia..
    coz pas uas jd berkurang 1 beban ujian..
    nilai? bisa jd sekelas dpt B semua.. (pas bgt bwt gw yg nilai B udh alhamdulillah bgt!!)

  4. Pak Rambat itu tipe orang bertipikal wirausaha jd harus kreatif! saking kreatif kadang dia harus berbeda dari komentar mahasiswa. Tapi mungkin maksudnya memicu mahasiswa agar bisa maju dan juga berpikir kreatif.
    Kalo ngambil Pak Rambat, jangan berpikir akan mudah mendapat nilai bagus karena doi master di bidang pemasaran (khususnya jasa), stratejik, dan riset dengan susah payah. Makanya banyak prestasi yang doi dapet. Hal itu menunjukkan bahwa prestasi butuh perjuangan.
    Kesimpulan gw, klo ada mahasiswa yg belum pernah ngambil Pak Rambat seharusnya “nyesel” karena doi orang yg banyak ilmunya. Tapi karena doi orangnya selalu memanfaatkan waktu dengan efektif (terlihat buru-buru), jadi manfaatkan waktu pertemuan dengan baik, kejar terus ilmunya dengan bertanya sebanyak-banyaknya. Dan ingat klo kita ini mahasiswa, kita seharusnya menyesuaikan waktu dengan dosen. Masalah nilai anjlok karena tidak presentasi, seharusnya bisa digantikan dengan meminta tugas dsb. Pak Rambat selalu terbuka dan fleksibel kok terhadap tugas. So, be active!

  5. Dear Teman,

    Saya memang belum pernah di ajar oleh Pak Rambat. Kebetulan saat ini Beliau terpilih menjadi dosen pembimbing skripsi saya. Oleh karena itu saya mau tanya pengalaman teman2, mungkin ada diantara kalian yang pernah memilih/ dipilihkan Pak Rambat sebagai dosen pembimbing skripsi? Mohon infonya ya… Terima kasih🙂

    • danilee009 said:

      Saya juga dapat Beliau sebagai pembimbing skrip semester ini. Ada yg boleh share kah?

      • Berdasarkan pengalaman bbrp teman yg bimbingan dgn Beliau, pny cerita beda2. Aku cerita ttg pengalaman aku aja y. hee…

        Beliau orangnya helpful dan banyak maunya. Tapi kalau gak tau tanya aja, Insya Allah dia mengarahkan. Tp detailnya harus kita sendiri yg cari tau. Harus kita yang aktif sering2 konsultasi coz dia sering tuh minta revisi detik2 terakhir (tambah ini itu, ganti ini itu). Hasil analisis jgn menjelaskan angka (nilai) di tabel, tp lebih menjelaskan maksud/ arti nilai tersebut. Kemarin aku pk metode penelitian analisis faktor, ANOVA, regresi berganda. Tema dan metode analisis Beliau yg ksh gagasan. Aku cuma mengerjakan. xixixi… Temenku ada yg pk T-Test.

        Good luck n having fun with ur script.😀

      • Dibimbing beliau sesuatu banget…! biar kata kita banting tulang…gue banyak dapat pelajaran dari pengalaman riset beliau…

  6. Arsene Wenger said:

    menurutku pak rambat ini memang ngajarnya boring, monoton, dan kurang menarik.. penjelasannya mudah ditebak, do’i suka memberikan informasi2 yg memang kita sudah tahu (umum)..
    do’i juga suka menjelaskan sesuatu tdk secara gamblang dan jelas, hanya sebatas konsep dan gambaran umum, selebihnya mahasiswanya yg hrs cari tahu sendiri (lah trus apa gunanya pengajar dong?)

    klo masalah nilai… bener banget deh, susah banget dpt A.
    kayaknya dpukul rata tuh, mahasiswa yg jumpalitan belajar dn pinter2, sama mahasiswa yg odong2 dpt kisaran B semua…
    kesel n nyesel gw ngerjain makalah bagus2, plg tinggi cm dpt 80.

    tapi klo yg sibuk kerja, dan mw cari nilai aman, pilih do’i ajah…

  7. Viska Williams said:

    Ini DOSEN yang memang patut menyandang gelar DOSEN. Teorinya banyak dan penguasaan materinya oke. Belajar sama dia kayak dibacain buku gitu. Pengetahuan umumnya juga luas. Sebenarnya pengetahuan umum yang kita sudah tahu sih, tapi pas dia kasih tau, baru deh inget: “Oh iya yah..” which means he can make small thing worth listening. Trik mau dapat nilai bagus, karena cara ngajarnya suka mengkombinasikan antara teori dan contoh, pas jawab ujian pun sebaiknya demikian. Mixing the theory with excellent examples. Dijamin, A minus ditangan. Untuk bisa dapat A: aktif dikelas. You cannot just choose one after another. You have to have both to get an A. Nilai ujian bagus (dengan byk contoh yang oke) dan aktif. And yup, he is one of dosen yang baca dan nilai lembar jawaban! Which is good, buat yang belajar, you will feel appreciated.

  8. Ali Iqbal said:

    Yup…kalo mo cari ilmu ama doi…kalo cari nilai ame yg laen aza…

  9. Pak Rambat ngajarnya lumayan enak, pengetahuannya luas, suka ngasih contoh2 yg realnya kayak apa. Jadi dikelas seru aja denger beliau cerita2. Nilainya baik. Kalau ujian, Beliau suka cara menjawab dgn teori yg diikuti contoh2nya, nilai A/A- ditangan deh. Suasana dikelas jg asik. Recommended!

  10. Tania Ndesokusumo Katrodiredjo said:

    Dapet Pak Rambat duet Pak Rachmadi di PMS. Awalnya deg2an karna testi2 sebelumnya dan denger2 dari senior kalo dosen ini fair bet ditambah pak Rachmadi yang pelitnya cetar2 deh bisa dibilang paket combo. Pas penutupan siak, ternyata unpredictable! B+ bertebaran dimana2. Padahal sebenarnya gw sendiri ngerasa failed jawab uas. Overall, so so lah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: