Blog Mahasiswa FEUI – Manajemen angkatan 2006

Disclaimer :

Testimonial ini tidak ditujukan sebagai sarana pemujaan individu maupun pembunuhan karakter. Testimonial ini bertujuan untuk membantu mahasiswa mempersiapkan diri dan antisipasi dalam menghadapi dosen yang bersangkutan dan untuk memberikan masukan obyektif bagi dosen.

Bagi yang akan memberikan testimonial diharapkan untuk memberikan penilaian obyektif. Moderator berhak menghapus testimonial atau komentar yang dianggap mengganggu.


Comments on: "Testimonial : Pribadi Setiyanto SE,MA" (29)

  1. Pertama kali masuk kelasnya bapak satu ini, liat orangnya kayak yang nyeremin, kaku, dan kawan2. Ngajarnya ternyata (menurut gue) enak dan lumayan ngerti. Hari2 berlalu, kenal ama kelas sebelah (kelasnya Aryawan Eko), gw terbingung-bingung karena kelas mereka begitu sibuk dengan PR dan kuis. Kok dikelas gw ga pernah ya!!! Sementara gue makin iri karena mereka dikelas ga cuma ngomongin teori tapi jug a pake latihan soal. Wahh,,, kok begini ya pikir gue. Secara gitu yah, kalo semua yang berbau matematika yang paling penting adalah latihan soal. Sementara kelas gw masi aja ngomongin teori. Mustinya sih, yah, teman2, berhubung kita udah gede dan ga perlu disuapin lagi mustinya kita inisiatif sendiri untuk mulai latihan soal. Hehehe, masi aja nunggu2in pak Pribadi, yah mungkin ntar dikasih. Ternyata eh, ternyata ga dikasih, tugas maupun latihan soal dikelas. Nah, setelah semester 2, gw pengen nyoba kelas sebelah itu, bener engga ya yang dibilang anak2 kalo kelas sebelah itu enak dan murah nilai. Nah, masuk deh gw kelasnya Bpk Aryawan…. PR dan latihan soal, memang banyak. Jadi gue ga gagap lagi kalo ketemu soal. Yang jadi masalah, akhirnya gue menemukan kelemahan dan klebihan bapak2 ini. Menurut gue pak pribadi itu: bermaksud bikin kita pinter dengan menghabiskan seluruh waktu dikelas dengan menjelaskan berbagai macam teori (yah, kadang2 banget dikasih contoh soal). Dia ini, kita mo nanya apa pun pasti dia jawab. Biarpun pertanyaan yang bodoh baget (kasus: kita ga ngerti bgt), dia pasti ngejelasin dengan baik sekali. Ga pernah sekalipun tersirat: ini anak bodo banget si!! Slidenya pun bikin kita harus belajar dan jadi pinter..karena memang dirancang untuk anak2 yang pantes masuk UI. Bikin kita makin pinter, karena bpk ini ga pake sistem suap-menyuap. Prinsipnya dia, kita2 ini pinter dan pantesnya dikasih materi yang seperti itu. Dalam hal pemberian nilai, bapak ini ADIL banget. Kalo jelek, ya jelek. Kalo bagus ya, bagus. Ga ada sistem katrol. Kesimpulan gue selama satu semester ama dia: pak pribadi itu pinter banget (krn ga cuma begitu menguasai toeri tapi juga jago dalam penyampaian).
    Kalo pak Aryawan…kita puas banget deh, dikasih PR, dikelas latihan soal, dan teori pun secukupnya. Dan yang pasti kita bisa ngerjain soal. Nah, masalahnya: gue jadi parno nanya karena pernah ada anak nanya dicuekin ama bapaknya. Yah, lagi ga mood aja kali yahh…Trus yang pasti Slidenya terutama bagian latihan soal lengkap banget dah. Kita ga pusing dengan ini angka dari mana datang, untuk simbol yang mana. Nah kelemahan bapak ini, dia mungkin teori menguasai tapi kurang bisa mengejewantahkannya (nah tuh, repot amat bahasa gue!!!). Maksud gue…dia repot dalam hal penyampaian. NILAI..bapak satu ini dermawan banget.
    Nah, sekarang terserah teman2, mau pilih yang mana. Tapi sekarang gue menyadari kalo gue JaTuH CiNTa ama pak pribadi……:)

  2. setuju ma nieke..gw d ajar pas Pengantar Metode Kuantitatif..

    Dosen yg baik..klo kita nanya d jawab..klo dy ga bs jawab ya d kerjain bareng2..pernah dy ga bs ngerjain satu soal d bahas rame..tp ga selesai juga..

    intiny dy baik..willing bt jawab pertanyaan..ngasih slidenya lengkap..bapaknya terlihat pintar tp lebih banyak diam n menerangkan teori..

    dy bs d rekomended deh..secara gw dpt B..ngasih nilanya objektif juga ga subyektif..n dy bner2 ngasih liat klo km mampu bs dpt nilai bagus klo ga ya nilainya jelek..
    biasanya kan ada dosen yg untuk memperbagus namanya ngasih kisi2 soal ujian yg persis dgn soal ujian so semunya bs lulus..

    pilih untuk kesuksesan diri sendiri ya jgn cm ngejar nilai

  3. cie neike, mau jd istri keduanya ya

  4. pribadin setiyanto said:

    Beginilah mewahnya mhs FEUI, bisa milih dosen utk kelasnya. Padahal dosen gak bisa milih mahasiswanya. Apalagi mahasiswinya

  5. dosen yang kaku dan membosankan.
    penjelasan lebih ke teoritisnya.
    suka ga jelas jg ngejelasinnya.
    nilai apa adanya.
    sebaiknya hindari dosen ini.

  6. wah bapak itu bagus banget cara ngjarnya.. tadinya gua takut.. tapi setelah perjalanan gua suka cara ngajarnya.. orangnya baik rupanya..

  7. bagus, beliau lebih menekankan logika dalam teorinya jadi nggak cuma terpaku sama soal yang diujikan. recommended buat yang bener-bener pengen nyari ilmu.

    mungkin kekurangannya beliau moody banget. kalo lagi good mood, semua baik-baik aja. tapi kalo lagi bad mood, hmm..😀

  8. gw ga ngerti knp komennya bagus2 ya? dl di kelas gw uts bagus2 ga dilulusin sm dia..
    stiap masuk kelas marah2 sambil gebrak2 meja. dulu tahun 2007 kalo ga salah,ngajar statek. marah2 ngatain kita semua idiot, hampir setengah kelas ga dilulusin padahal nilinya diatas 7.

  9. kutilbatu said:

    intinya bikin kelas lo kondusif, kalo kelasnya gak merhatiin dan ngaco orang2nya dia marah
    that’s why, beliau bikin serem kelas (pertemuan pertama bilang “selamat datang di kelas neraka!”)
    tugas hampir gak ada, diajarin konsep biar lo tertarik dan ngerti sama statistika yang absurd
    ati2 kalo MU kalah (beliau fans united), gw pernah diusir sekelas dan diusir sekali sendirian
    jangan pake baju bola dan baju merah, jangan keliatan ngantuk, belajar dan harus punya handout slide bapaknya
    recommended kalo pengen dapet ilmu, yang males ke laut aje
    do your best buat yang dapet kelas beliau!

  10. nurul intan said:

    dosen cicak, tp iya si bapak pinter banget…even PMK cm dpt C tp esensi ilmunya dapet bgt, statek gw jd A, matek lumayaaan C+

  11. Syahrini said:

    numpang cerita ya bro en sis sekalian. kebetulan gua pernah diajar bapak yg satu ini DAN suatu hari doi bilang ‘ada mau ditanyakan?’ yak krik krik! gaada yang jawab dan tiba2 doi bilang ‘oke kita kuis!’. IH MAMPUS dalem ati gua. waktu itu kelas gua dikasih soal dua biji dalam waktu 10 menit kalo gasalah, soalnya cukup tricky tapi masih “workable”. ‘oke waktu habis, silahkan kumpulkan!’ semuanya ngumpulin dan.. doi mulai meriksa, kertasnya diliatin satu2 dan yak kertas pertama dirobek jadi 4 bagian dan dibuang disamping kiri, begitupun kertas selanjutnya dan hanya disisakan 2 lembar kertas jawaban. Dalem ati gua ‘anjir eMTe banget nih orang dua’. dan doi mulai membahas soal yang sebenernya salahsatu dari soal itu gak bisa dikerjain gara2 ga memenuhi asumsi OLS atau apa gitu lupa deh. DAN dia bilang ‘kerjaan kalian gak ada yg bener!’ (sambil megang 2 kertas yang belom dirobek). trus doi bilang ‘APALAGI INI NIH’ (kertas yg belom dirobek maksudnya), ‘LEBIH NGACO!!!’ Aseli gua nahan ketawa ampe mules perut. Bapak satu ini sebenernya sangat jenaka ya tapi pembawaanya sangar gitu, jadi banyak yg pada takut buat ketawa dikelas dia. Tapi pas bulan puasa super asik nih bapak, baik, dan suka mengakhiri kelas lebih awal buat jemput anaknya yang lagi pesantren kilat, unyu bener ye. sekian deh cinn cape ngetik

  12. dia selalu ngajar 2 kelas, kelas pagi dan kelas siang. biasanya salah satu kelas pasti ada yang jadi tumbal, makanya bikin kondisi kelas lo senyaman mungkin, jangan brisik dan nyolot. kalo udah ada yg nyolot satu aja, satu kelas bakal kena terus selama 1 semester. kalo udh jadi kelas yg lebih disukai, enak deh. untungnya kelas gw termasuk kelas yg kayaknya lebih disayang hehe kalo di kelas satunya dia abis marah, eh ternyata dikelas gw dia baik banget. ajaib emg ni orang. pernah buka slide di kelas isinya teks lagu MU.. tapi emang masuk kelas dia lo udah harus siap tiap minggu latihan jantung, karena dia selalu milih orang untuk presentasi secara RANDOM. ya ga diabsen ato tiba2 dicolek lah. so be prepared ya! nilainya,kayaknya fair aja. kebetulan waktu semester gw, dia telat upload nilai jd diratain B, tapi yang diatas B jadi dinaikkin,jadi lulus semua!

  13. :”””””””””””””””0
    gue dapet pak pribadi di SP Statek nih. jiper banget liat komen2nya, doain saya ya agan2 :””'””””

  14. orangtua1947 said:

    waduh bapak ini kalau ngajar dan glegarnya kumat…………
    bisa geprak2 meja dan kata2nya waduh angkuh banget bahasanya, seisi kelas tersentak pasti wkwkwkwk
    tapi dia ilmunya lumayan dapet kalau lo bener2 meratiin dia (terutama kelas statek), nilai juga ga sejahat pas dia kumat glegarnya, cenderung baik kalau gue bilang, asal absensi ga lewat bates aja. ya kalau suka mompa jantung dan ngerasain guru2 killer di masa SMA dulu pak pribadi orang yang tepat wkwkwkw

  15. Saya pernah mendapat kelas Pak Pribadi untuk matkul Statekbis. Kesan pertama beliau tegas, disiplin (senantiasa hadir tepat waktu), tulus, jujur, nasionalis, & expert. Menurut saya pribadi, saya akan sangat kurang memahami materi perkuliahan jika hanya mengandalkan tatap muka dengan beliau tanpa sering membaca textbook + latihan soal karena selama mengajar di kelas, proporsi teori & praktik soal yang beliau berikan kepada mahasiswa adalah sebesar 85% & 15% (beliau pun, sekali lagi menurut saya pribadi, lebih sering menjelaskan materi perkuliahan secara teoritis dengan bahasa yang kurang umum). Beliau cukup sering membagi ilmu & pengalaman hidup yang sarat akan hikmah yang perlu kita renungi sebagai mahasiswa sekaligus sebagai rakyat Indonesia, seperti pengungkapan opini beliau mengenai keadaan semakin pudarnya moral mahasiswa & masyarakat modern saat ini. Namun begitu, saya meyakini & terus mengharapkan untuk beliau lanjut berkiprah & berdedikasi di dunia pendidikan Indonesia, khususnya di FEUI. Beliau senang dengan mahasiswa yang aktif di kelas namun tidak suka dengan mahasiswa malas. Beliau pun dengan senang hati akan menjelaskan lebih mendalam kepada tiap mahasiswa yang bertanya sehingga kita dapat lebih memahami materi perkuliahan. Beliau sering memberi kuis dadakan & sangat jarang memberi tugas. Nilai di SIAK dari beliau tiada rinciannya. Walau cukup sering cemberut, namun beliau begitu perhatian terhadap berbagai isu terkini, lingkungan di sekitar beliau, bahkan terhadap para mahasiswa.

  16. Dosen yang bikin deg2an kalo MU kalah malem sebelomnya… Lumayan true sih ini rumor, tapi ngga selebay itu juga kayak dulu2 kok kayaknya sekarang.

    Gue dapet statek sama pak pribadi, oke kok ngajarnya cukup jelas, tapi lo ttp harus ikut asis karena latihan soal dia kurang menurut gue. Terus kelas lo usahain jgn ada yg ngomong sama sekali deh kalo dia lagi ngajar kalo ngga nanti dia benci kelas lo. Kalo dia nanya di kelas lo harus bisa jawab deh kalo ngga ntar dia bad mood.

    Untuk nilai uts uas ngga keluar tiba2 langsung huruf aja di siak. Bikin deg2an sih tapi ternyata lulus dan di atas ekspektasi, tapi kelas gue ada yg ngga lulus juga sih.

    Kalo mau nyari nilai A bisa cari yg lain bisa sih..

  17. disiplin bgt. nilai fair, gak pelit, gue dpt B+ pdhl yaa ga ngerti2 bgt. dikls dia emg boseeeeenbgt. kl rumor yg soal MU kayanya bnr, kls gue ditraktir abis MU menang sehari sblmnya.

  18. Pak Pribadi ga suka banget kalo ada yg ngobrol di kelas, pake “banget” ya itu gue tulis jelas2. Dia ga segen2 negur atau ngusir mahasiswa di kelasnya.

    Ngajarinnya kurang jelas dan cukup bikin ngantuk, atau emang gue yg bodoh sih ya. Tapi nilai gue unexpectedly B+ padahal ga bisa banget UASnya (di kelas gue ada juga yg ngga lulus).

    Berharap banyak deh pada asdos, karena satu2nya waktu lo belajar soal ya cuma sama asdos doang.

  19. pak pribadi ? pinter pake banget. Ga cuma pinter sendiri, beliau sangat sistematis dalam ngajarin.
    Awalnya, takut banget nih sama bapaknya, sama kaya komen2 di atas. ditakut2in. Tapi seiring berjalan waktu jatuh cinta sama cara ngajarnya. entah kenapa gue sangat mendewakan dia.
    pertemuan pertama dia ngeluarin dua orang di kelas gue karena ngetawain bapaknya. Oke, that’s the way he built market power. intinya dia sangat amat disiplin, tapi masih mentolerir orang telat apalagi yang dateng dengan wajah kelelahan.
    kedua, lovee the way he teaches us! sangat sistematis tis tis pokoknya. Sampe dia pernah nggak ngajarin kita Bayes theory karena dia udah jelasin konsepnya secara mendasar ke kita. Keren banget dah.
    ketiga tidak pernah ada tugas , hm buat yang ini gue gak tau ya mesti kekurangan atau kelebihan. Tapi bapaknya memberi kita kesempatan buat belajar dengan cara kita sendiri.
    ditambah lagi asis gue yang kayak malaikat.
    walaupun UTS kemarin gue gak bisa jawab, tapi itu murni kesalahan gue kok yang rada jelek di time management. dan gue sadar bener pak pribadi sangat FAIR dalam urusan nilai, bahkan gue denger dia nggak mau ngelulusin yang emang pantas ga dilulusin. Gue sih pasrah aja sama nilai, yang penting dapet ilmunya kan🙂

    ohya, satu lagi, bapaknya nggak pernah meremehkan kita kalo kita nanya materi yang belum paham. Yang bapaknya remehin adalah, saat kita pura-pura pinter dan ngerti materi itu.

    inget ya ada tradeoff antara ilmu dari dosen bagus dan nilai, karena beliau ngasi yang bagus banget so logis kan kalo beliau expect yang bagus dari kita? That’s why beliau sering strict😀

  20. beliau ini fair. beliau memberi nilai sesuai dengan kemampuan orang yang saya suka adalah beliau ini benar benar memberi ilmu dan sangat senang jika kita bertanya meskipun pertanyaan kita terdengar konyol.
    overall, saya merekomendasikan kelas beliau untuk orang-orang yang mencari ilmu.
    (berdasarkan pengalaman bisa mendapat nilai 90-an di kelas beliau)

  21. Bapak ini tegas banget. Jangan ngobrol/ketawa di kelasnya, soalnya kemarin teman gue ada yang dikeluarin dari kelas gara-gara ngobrol. Kalo soal nilai fair banget, kalo lo bisa ya dapat nilai bagus. Kata orang-orang sih ngajarnya bagus, tapi gue merasa nggak dapat ilmu sama sekali di kelasnya, apa emang guenya yang bego ya. Kalo mau dapat nilai bagus cari yang lain aja.

  22. Gue diajar oleh beliau di SP 2012, kelas Statek.
    Seperti yang sudah dibahas di atas, beliau memang pribadi yang strict di kelas, jadi jangan coba2 haha hihi atau ngobrol sedikit pun deh di kelas.
    Dan, jangan lupa untuk baca materi terlebih dahulu sebelum kelas! Waktu itu di kelas gue, beliau marah karena ada anak yang gak bisa menjelaskan materi apa yang mau dibahas pada hari itu (padahal sdh disuruh baca sebelum kelas) dan akhirnya “mengusir” anak2 yang belum baca materi. Anak2 pun voluntarily keluar kelas karena merasa blm baca materi. Alhasil, seinget gue waktu itu hanya sekitar 5 orang yang tinggal di kelas. :’) Mengenaskan sih.
    TAPIII.. Lucunya setelah sisa 5 orang di kelas tsb, Pak Pribadi langsung super calm, dan kegiatan belajar mengajarpun berjalan dengan sangat smooth!
    Beliau ini memang super pintar dan cara mengajarnya pun sangat jelas. Soal nilai, memang fair. Bagi yang benar2 niat belajar, pasti bisa dapat A kok.

  23. Pengembara Tersesat said:

    Yang bilang pak pri killer itu sok tau bangeeeet
    Gua dulu ngambil statekbis sama beliau dan gua jujur aja suka banget dengan tipe dosen yang menuntut kita siap sebelum masuk kelas, jadi mau ga mau kita sebelum masuk kelas udah harus baca materi
    Gua juga suka banget pertanyaan-pertanyaan pak pri, misalnya kenapa lo ga baca terus lo jawab karna lo ada sesuatu bla bla bla beliau pasti bilang itu bukan sebuah alasan, jadi lo cukup jawab jujur, misal karna lo males :p
    Pak pri ini punya kepribadian yang luar biasa gua akuin, semakin lo kenal dengan beliau, gua jamin semakin lo suka dengan pribadi seorang Pribadi Setiyanto hahaha
    Beliau ini concern ttg socialnya juga luas banget guys
    Dan untuk urusan nilai, mungkin beliau fair, tapi kemaren gua statek dapet A sama beliau padahal gua banyak ngasal wekekek
    Intinya lo kudu nyoba sih masuk kelas pak pri biar ga kemakan omongan orang🙂

  24. sayang banget sama pak pribadi, buat yang cari ilmu dna siap berusaha silahkan masuk kelas dia. Semakin lama bakal semakin sayang🙂

  25. cie yang lagi kepoin pak pribs said:

    gue trauma statek sama pak pribs hahahaha :)))

    Bener yg dibilang sama komen di atas, lo harus baca buku sebelum masuk kelas. Jangan pernah absen. Matikan hp selagi kelas. Usahain fokus. Karena kalo lo hilang konsen sedikit aja waktu pak pribs ngajar…. selamat, lo bakal lost di bahasan selanjutnya. Bener yg dibilang yang di atas, penjelasan, konsep, contoh, dr pak pribs selalu nice… kalo lo ngerti dia lagi nerangin apa. Gue akuin kalo gue termasuk orang yang merugi karena sepelein statek di awal-awal, lalu ketinggalan, lalu gangerti pak pribs ngomong apa. Andai gue bisa ngulang waktu, gue mau seriusin statek sama pak pribs. Serius.

  26. siakramadhan said:

    Kebetulan gue salah satu murid mpkt b di kelas pak Pribadi :’). Iya. awalnya gue stress sendiri karena dosen mpkt b gue dia. ya 6 sks ditangan bapak ini rasanya…. gimana gitu. 6 sks cuy. Bapak ini termasuk dosen yang strict banget, jadi kalo lo dapat dia di mpkt b, lo bakal menggunakan scele dengan baik dan benar. Jangan sampai ada miss nge submit tugas di scele. Kalo komen juga coba yang berbobot :’). terkadang dia suka ngecek scele tiba tiba di depan kelas. Fg dan Hg nya yang aktif ya diskusi onlinenyaa. Kallo lo mau survive dikelas dia , lo harus rajin. Karena nilai ditangan dia itu amat bervariasi. gakvsda yang namanya pukul rata A/A-. Tapi gak menutup kemungkinan buat dapat A. Jadi untuk maba maba lucu yang mengambil mpkt b dan ngeliat nama doi sebagai dosen lo, jangan takut dan tiba tiba pingsan mendadak. Pak Pribadi asyik kok, kalo kelas lo juga asyik. Dia insightful banget.
    tips survive:
    -buatlah cheating sheet dengan berpedoman pada kisi kisI yang diberikan pak pribadi, insya Allah mujarab
    -isu isu yang dibahas dikelas oleh pak pribadi boleh jadi keluar menjadi soal uts/uas.
    – jangan buat doi ngambek ya. Kalo telat lebih dari lima belas menit mikir dua kali deh untuk masuk kelas doi
    -jangan mager baca scele sebelum kelas, karena doi maunya kita udh baca scele dulu sbelum kelas.

    intinya kalo dia dosen mpkt b lo yang oenting ikhlas aja niscaya ada berkah. Banyak banayk berdoa ya.

  27. muridmpktb said:

    Gue MPKT B diajar sama Pak Pribadi. Awalnya super hopeless karena rumor-rumor yang beredar, bahkan senior gue yang dapet MPKT B sama beliau ngasitau gue kalo nilai gue paling mentok (paling bagus) sama dia di MPKT B ya B+, keder juga dengernya soalnya bobotnya 6 SKS. Beliau memang terkesan sangar pada awalnya, tapi sebenernya kalo kelasnya anak-anaknya baik-baik, gaada yang macem-macem, beliau juga gak segan-segan untuk melucu/ cerita-cerita hal ringan gitu. Kelas gue pernah diceritain tentang kesukaannya beliau dengan kopi dan beliau gak punya SIM.
    Gue akui memang beliau super strict, menurut gue termasuk salah satu dari sekian dosen MPKT B yang super strict baik dalam ketepatan waktu (waktu kehadiran dan pengumpulan tugas) dan sopan santun. Tapiii strict nya ini berguna banget sih buat ngajarin gue untuk lebih disiplin sama tugas karena gue orangnya deadliner banget hehehe
    Kalo dapet MPKT B sama Pak Pribadi, cobalah untuk aktif di kelas dan diskusi kelompok, kalo ada yang gangerti langsung tanya aja. Pak Pribadi selalu merespon pertanyaan muridnya dengan baik kok. Terus rajin baca materi MPKT B di scele, jangan pernah lupa bikin mindmap, ppt, ngisi borang dan ngumpulin sesuai deadline scele, oh iya dan selalu bantuin kelompok lo dalam diskusi tatap muka ataupun diskusi online! hehehe
    Komen di scele yang berbobot, yang berkaitan sama materinya jangan cuma halo-hai-selamat pagi-dst, jangan gak kritis sama sekali. Terus perhatiin tiap Pak Pribadi ngomong, pengalaman gue obrolan singkat Pak Pribadi di kelas gue (yang sifatnya obrolan ‘sambil lalu’ dan gaada di kisi-kisi gitu) muncul jadi soal UTS…. dimana anak kelas lain yang gak diajar Pak Pribadi gak tau soal itu. Lumayan banget cuy🙂
    Intinya sih kalo dapet MPKT B sama beliau jangan takut dulu, beliau memang bukan dosen easy A tapi bukan impossible A, masih bisa kok dapet A. Recommended buat lo yang mau belajar buat lebih disiplin, not recommended buat yang nyari dosen MPKT B easy A🙂

Leave a Reply

Tag Cloud

