Blog Mahasiswa FEUI – Manajemen angkatan 2006

Disclaimer :

Testimonial ini tidak ditujukan sebagai sarana pemujaan individu maupun pembunuhan karakter. Testimonial ini bertujuan untuk membantu mahasiswa mempersiapkan diri dan antisipasi dalam menghadapi dosen yang bersangkutan dan untuk memberikan masukan obyektif bagi dosen.

Bagi yang akan memberikan testimonial diharapkan untuk memberikan penilaian obyektif. Moderator berhak menghapus testimonial atau komentar yang dianggap mengganggu.


Comments on: "Testimonial : Prathama Rahardja SE, MSi" (41)

  1. Pak Pratama.
    Well, dia mantap juga. Menguasai makro dan mikro sangat detil. Ngajar gambar kurva bikin kita ngerti dari mana tuh asal-usulnya garis-garis yang ada di kurva. Note: penting banget lho buat ujian lisan komprehensive, kayaknya itu adalah soal2 wajibnya kompre. Ada 1 hal yang perlu diwaspadain dari pak Pratama, harus masuk tepat waktu karena suka ngabsen di awal pelajaran dan ngasih kuis pula. hehehehe… udah gitu, kalo ngarep dapet A atau A- atau B+, jangan ambil mata kuliahnya pas eSPe, karena doski gak bakalan rela ngasih ntuh nilai. Maks B. (menurut dia: gak mungkin bisa lo kuasain bahan kuliah sebaik pas semester biasa).

    • hotler.. pak prathama ngasi quiz materi hari ini yg diajar ap materi minggu lalu yg sudh diajar?

  2. nilainya cukup fair sih..cuma jarang2 bisa dapet A..jangan ngarep banyak deh kalo A…yg jelas sama ni dosen ga mungkin mpe jam 9..paling jam 8 dah pulang, tapi jam stenga 7 dia dah mule ngajar

  3. belajar ga belajar sama pak pratama nilainya gak jauh beda….

  4. 😥 Duh Bpk ini tega bner ya… smt ini gw diajar beliau, pengalaman gw:
    UTS, g diksh kisi2, wkt cm 100 mnt, pdhl kelas laen 150 mnt (ud gt dksh kisi2 pula).
    UAS, g dksh kisi2 jg, wkt nambah jd 120 mnt (stlh diprotes anak2 krn wkt 100mnt kecepetan pdhl soal beranak pinak dan tiap soal musti gbr kurva) n teteup klo kls laen 150mnt (curang T_T).

    ok, mslhnya bukannya qta ngarep kisi2, krn asal lo rajin nyatet soal2 yg diujikan ya smw yg qta catet itu. Yup setuju Bpknya sangat menguasai makro mikro, neranginnya cukup enak (mnrt gw). Tp ya itu nilainya,, qo pelit yah?? perasaan pas uas kmrn gw udah maksimal bgt.. ada kali 10 kurva gw gambar berikut penjelasan pjg lebar (gw ngejain smp 2 kertas folio!),, krn wkt yg cepet jg gw nulis ky dikejer anjing (nulis secepat mgkn), tp tetep it’s imperfect! Nilai maks. dikls gw adl B (pdhl qta bukan SP lho),, n nilai C bertebaran.. pdhl klo liat kls Darlis Rabai A yg bertebaran.. (ngiri mode on)

    Yah intinya qta seneng cara ngajar yg enak n menguasai materi,, tp g muna jg qta ingin nilai yg baik.. apalagi klo qta dah blajr mati2an utk itu.. Masa ya sekelas g ada yg A sih? at least A- ato B+?? bner2 sedih deh…😥

  5. Oh bapaknya pelit nilai.. gw g ngerti standar nilai bpk ini.. pelit bgt >_<

  6. Mahasiswa2 yang diajar sama dia di pengantar ekonomi dulu nggak ada yang dapet A.. Paling tinggi A-

    Untung bukan dosen gw sih😛

  7. tapi klo untuk penyampaian materi paling top markotop deh…
    lebih banyak teori,ujian gak pakek hitungan…
    tp ya itu tadi….nilainya standar…tp klo cm cr lolos aja sih recomended…tp klo mw cari nilai yg bagus mending lihat2 yg lain…

  8. menurut gw ni dosen punya standar yg tinggi bgt, saking tingginya, ga ada mhsw yg dpt A. Klo ujian pgnnya dikasih jawaban yg panjang dan sekumplit mungkin. Ngajarnya sih enak, dan ni dosen senior bgt sampe dosen2 akun aja banyak yg pernah diajar doi wkt di UI, buku dia juga dipake di bbrp universitas…menurut gw sih still recommended laahh..

  9. Viska Williams said:

    Dosen kawakan. So, soal teori makro mikro, yah jangan ditanya. Soal nilai pelit. Beneran. Jawaban sebagus apapun, ga dinilai. Trik dpt nilai bagus, do active. Usahakan UTS jangan jeblok karena dia ga nilai jawaban di lembar UAS. Dia hanya melihat keaktifan di kelas. Who speaks up will get A while others will only get B or B minus. Untuk mikro, baca buku beliau dan tanya-tanyalah dari buku itu. Good luck!

  10. Kalau kelas MPKT B sama beliau bagaimana ? Syukron

  11. Meskipun katanya kalo ngajar mikro dll nilainya pelit, kalo ngajar mpkt b dan mmi, nilainya lumayan baik kok. Asalkan kelakuan dikelas baik trus kalo bs diinget bapaknya, utk hal yg baik ya tentunya, nah kalo gt kemungkinan bsr dpt bagus lah. Trus asal rajin ngumpulin tgs dan lumayan aktif dll, bisa lah dpt A.

  12. kalo di mpkt dia baik, walaupun disuruh bikin ltm atau presentasi tapi gak terlalu pengaruh karena dia pukul rata A- dan ltm sepertinya gak pernah diperiksa sama dia

  13. MPKT sama dia = pukul rata A- kecuali ketua kelas atau lo 1 dari 30 orang yang outliers di kelas🙂

  14. kalau untuk mpkt A gimana ya sama pak prathama?

  15. Mpkt a dan b dia pukul rata A-

  16. Mpkt sama doi gak dipukul rata lagi.
    Ada a- b+ sama b

  17. Gajelas, moody, hafal murid, mustahil A, sial.

  18. anak akun said:

    MPKT sama dia kemarin nilainya ga dipukul rata
    Ada yang A-, ada yang B+, ada yang B
    Kayaknya sih nggak ada yang A

  19. mahasiswa semoga cum laude said:

    bener banget dah mpkt a, pukul rata A-. Untuk para pemalas recommended banget wkwk

  20. kalo beliau di APEB gimana ya?

  21. baik kok, gue aja bisa dapat A hehehe, ngajarnya enak banget, asal berusaha pasti bisa kok

  22. Kalo di mmi dia nilainya gimana ya?

  23. MPKT dan Koperasi dapet jelek said:

    NILAI PELIT BANGET, kemungkinan dapet A tuh 1% doang. Banyak doa aja deh kalo dapet dia di matkul ga penting kayak MPKT, MMI, APEB, ato Koperasi, siapa tau beliau lagi baik hati pukul rata A-.

  24. dulu aku dpt mikroekonomi ama pak prathama dan hasilnya dpt A-❤❤❤

  25. apeb2015 said:

    Ada yg dpt a kok di apeb kelas gue , bahkan dia bukan anak osn yg kayak org” bilang. Gue sendiri sih ga dpt a tapi ya dengan effort yg gue keluarin untuk ngerjain las apebnya, ya beliau sudah gue anggep baik lah ya. Trus yg enak tuh di kelas gabut gitu gara” pulangnya cepet wkwkw. Udh sih itu aja .

  26. mahasiswa said:

    Kalo mau gabut2&effortless tapi puas dgn nilai A- cocok bgt milih Pak Prathama. Waktu itu MMI sama beliau, recommended!

  27. the joker said:

    Waktu MPKT B sih ngajarnya nyantai banget mau masuk jam berapa aja boleh. Bener kayak komen yg diatas kalo mau gabut dan dapet nilai A- cocok bgt milih Pak Prathama.

  28. Gue udah 2 kali dpt dia pas MMI sama APEB di smt 3 sama 4 kmaren. Overall sih beliau santai kok kalu di kedua makul ini. Gue dpt B+ sih di MMI dan A- di APEB. Kalau dr usaha sih, menurut gue, gue Emg agak kurang di kedua makul ini. Btw doi pukul rata A- deh di kelas MMI sama APEB gue. Cuman pas MMI emg apes aja gue pernah absen sekali gaikut pengamatan lapangan. Tp untuk anak yg mau sante dan cukup dpt A-, gue sih rekomen Pak Prathama.

  29. Beliau kalo di Koperasi ngajarnya gimanaa? Makasih🙂

  30. Kelas koperasi enak bgt sama pak prathama, dateng rada telat, keluar cepet. Di kelas juga gabut kok, cuma diskusi doang terus ngobrol aja, doi ga akan perduli. pas di kelas keliatan bgt doi sukanya sama anak OSN, apa2 anak OSN yang disebut dan dibanggain, jd ya kalo di kelas lo ada anak osn siap2 aja capek denger nama mereka (emng segitunya).

    Soal nilai doi baik kok, dan ga cuma ke anak osn, gua ga osn koperasi dapet A kok di kelas doi. asal lo niat aja, kalo diksh tugas (laporan, LAS) bener2 dikerjain, jgn asal2an doang. UTS juga kalo bisa jwbnya agak niat lah, at least baca ppt ato materinya, jgn ngarang2 amat juga. alhasil nilai LAS klmpk gua bagus bgt, dan nilai tugas juga bagus (pdhl gua ga seniat itu jg, tp seenggaknya ksh liat effort lo buat ngerjain)

  31. Gw koperasi sama si bapak nih. Klo dateng kadang suka telat tapi begitu duduk di kursi langsung absen. Jadi lu hrs udaon the spot wkt doi ngabsen karena dia ga akan ngabsen ulang. Keluarnya suka awal jadi enak sih. Buat koperasi agak ga jelas gtu lah. Orang disuruh diskusi kelompok mulu sampe gatau apa yg mau didiskusiin.
    Klo di kelas, bawa sumpal kuping aja soalnya dia bakal manggil2 nama anak2 osn mulu. Gosipnya sih ga bakal ada yg dikasi nilai a kecuali makhluk2 osn, tapi itu hoax kok.

  32. AKUN GANTENG 15 said:

    1 kata = TRAP
    Doi kalo di kelas baik bgt dan keliatannya seneng sama kelas kita tapi ternyata UTS dan UAS dihitung dr banyaknya lembar jawaban bukan dari bobot jawaban, kecewa bgt buat yang udh hapalin buku mpkt dan khatamin ppt mpkt sampe abis ternyata cuma dikasih 78 dan nilai akhir dipukul rata sekelas, KECUALI yang uts dan uas nya berlembar lembar jawaban, ini pasti A!. Enaknya kalian ga perlu usaha keras buat dpt A- sama doi tinggal duduk dan absen doang. Overall not-so-recommended

  33. Mahasiswa nyaris A sama pak prathama said:

    Saya dapat MMI dengan beliau sebagai dosen saya. Menurut saya pribadi, pak prathama merupakan seorang dosen yang cukup rajin. Beliau ikut mengamati dilapangan sehingga akan diabsen. Begitu juga dikelas beliau cukup santai menurut saya. Jika anda telat maka anda akan diabsen pertemuan yang akan datang (beliau mengatakan bahwa itu akan membuat mahasiswa tidak terlambat lagi pada pertemuan yang akan datang tapi saya meragukan keefektifannya. Atau mungkin tanda untuk penilaian saya kurang tau). Masalah nilai berikut saran saya.jika beliau mengatakan untuk mengerjakan LTM2-3 halaman…maka kerjakan semaksimal mungkin hingga 3 halaman. Lalu untuk LTS dan LAS jika diberikan kebebasan 10-15 halaman maka kerjakan hingga 15 halaman full dengan font yg tidak terlalu besar. Saya sebelum uts mengerjakan ltm hanya 2 halaman dan setelah uts hingga 3 halaman. Dan LTS saya hanya 12 halaman dan LAS hingga 15 halaman. Alhasil nilai saya 84.9an karena sebelum LTS dan LTS saya kurang maksimal.

  34. Pak Dekan said:

    Halo semua, waktu semester satu saya dpt MPKT A sama beliau. Pak Prathama merupakan seseorang yang lembut dan baik hati, rasanya seperti diajar oleh kakek kita sendiri (suwer kaga lebay). Kisah pengalaman hidup beliau menarik untuk disimak, bisa menjadi sarana refreshing dikala kejenuhan menghampiri. Ritual belajar di kelas: Masuk, salam, menyanyikan Indonesia Raya, berkontemplasi selama 2 menit, belajar, dan ditutup dengan menonton video lagu daerah/lagu wajib. Karena kelas saya cukup akrab dgn Pak Prathama, pada minggu2 akhir MPKT A kami bebas menonton youtube di akhir pelajaran, asalkan videonya masih ttg lagu daerah/nasional/musik jaman dulu. Oh iya untuk tugas, tidak terlalu berat, presentasi juga bisa mendapat nilai baik. Sayangnya, Pak Prathama pukul rata A- buat nilai, jika anda mendapat nilai dibawah A- maka anda merupakan mahasiswa yg bermasalah. Bisa dapet A, tapi UTS UAS harus berlembar2 dan harus dikenal baik oleh Pak Prathama

    • Diajar MPKT A sama pak Prathama. Asik banget sih orangnya, baik, sabar, terus ngajarnya kayak kakek ke cucunya. Beliau juga ngajarnya ngga kaku dan terkadang lucu terus suka belajar di luar kelas. Buat anak2 yang maunya santai dosen ini recommended bgt. Tapi buat kalian yg mau nyari A mending milih yg lain deh karena rata2 temen gue sekelas dpt A-

  35. 12 SKS SAMA PAK PRATHAMA said:

    12 SKS sama beliau dapet A- walaupun ngerjain semua tugas. Buat yg nyari nilai jgn ambil bapak ini karena sebagus apapun tugas lo ga bakal diliat. Tapi buat yg mau gabut dikelas dan gaperlu ngerjain scele mpktb ambil bapak ini aja. Overalll not-so-recommended

  36. yes udah bukan maba said:

    ANEH. mpkt a & b satu kelas dapet a- totally NOT RECOMMENDED gak guna ngisi scele, uas, uts juga gaguna gabakal dia baca. apapun jawaban lo pasti a- kalo lo sial dapet dia gue saranin uts uas lo 5 halaman trs warna-warni mungkin bakal jadi nilai plus dari dia. 5 halaman nah tuh nulis apaan mpkt bingung2 deh

Leave a Reply

Tag Cloud

