Blog Mahasiswa FEUI – Manajemen angkatan 2006

Oleh Diah Ayu Laras Putri dan M. Sigit Wahyu Kurnianto

Motivasi diri berawal dari dorongan keyakinan dalam diri sendiri untuk menang. Ini dibentuk oleh cita-cita dan impian besar yang akan memotivasi orang untuk meraihnya. Kisah orang-orang sukses bermula dari sebuah impian yang diimplementasikan dalam serangkaian aktivitas sehari-hari.

Impian pun akan bermanfaat juga untuk orang banyak. Nilai-nilai spiritualitas memancar dengan baik dalam diri orang tersebut dan menambah keyakinan bahwa Allah dekat dengan dirinya.

Selain itu, keyakinan untuk menang harus selalu tertanam dalam benak dan hati. Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kita meyakini bahwa selain diciptakan untuk beribadah kepada-Nya, juga diciptakan Allah untuk memberikan kemakmuran, kesejahteraan dan kemaslahatan. Oleh karena itu, akan terbentuk optimisme terhadap target keberhasilan.

Seseorang harus mempunyai cita-cita besar yang disertai keyakinan bahwa Allah dekat dan mendampingi melalui hati nurani. Dorongan hati nurani inilah akan mudah diketahui bila kita mempunyai hati yang bersih. Keyakinan bahwa Allah dekat dan sayang kepada kita akan memberikan dorongan hati nurani yang sangat besar yang pada gilirannya lahir optimisme kita untuk meraih cita-cita. Hati merupakan pembimbing terhadap apa yang harus dituju dan apa yang harus diperbuat.

Robert K. Cooper Phd memaparkan bahwa hati mengaktifkan nilai-nilai kita yang terdalam, mengubahnya dari sesuatu yang kita pikir menjadi yang kita jalani. Hati mampu mengetahui hal-hal mana yang tidak boleh, atau tidak dapat diketahui oleh pikiran kita. Hati adalah sumber keberanian dan semangat, integritas serta komitmen. Hati adalah sumber energi dan perasaan mendalam yang menuntut kita untuk melakukan pembelajaran, menciptakan kerjasama, memimpin, dan melayani.

Motivasi yang berasal dari dorongan suara hati atau hati nurani dan keyakinan bahwa Allah senantiasa dekat ini akan memancarkan nilai-nilai spiritualitas. Nilai-nilai spiritualitas dalam motivasi akan melahirkan motivasi yang positif, motivasi yang sarat dengan serangkaian langkah-langkah spiritual dan optimisme terhadap keberhasilan.

Prof. Danah Zohar dan Prof. Ian Marshall dari Harvard University dan Oxford University memaparkan tentang kecerdasan spiritual dalam bukunya “Spiritual Quotient (SQ)”. Mereka berdua menjelaskan kecerdasan spiritual berkaitan erat dengan persoalan makna hidup. Menurutnya, kecerdasan spiritual dapat menilai langkah-langkah hidup seseorang lebih bermakna dibanding orang lain. Jadi hidup tidak hanya kosong tanpa makna yang jelas.

Kemudian, Wolf Singer, Michael Persinger dan V.S Ramachandran menemukan fungsi God Spot yang terintegrasi dalam otak manusia. God Spot sebagai pembimbing manusia untuk terus menerus mencari makna hidup. Manusia yang berhasil memaknai hidup ini dengan spiritualitas akan memotivasi dirinya untuk mengambil aktivitas yang terbaik, jauh dari perbuatan mendholimi orang lain, menebarkan kebaikan dan kemakmuran dalam mencapai impian.

Sedangkan menurut Stephen P. Robbins dalam bukunya “Organizational Behavior,” dalam motivasi terdapat tiga elemen utama yaitu intensitas, arah, dan ketekunan individu dalam mencapai sasaran. Jadi motivasi diri akan tumbuh positif bila integritas antara intensitas, arah dan ketekunan dalam mencapai sasaran dapat terwujud.

 

Selain itu keyakinan bahwa Allah dekat akan melahirkan sikap optimisme yang positif terhadap keberhasilan serta menumbuhkan nilai-nilai spiritualitas yang memberikan manfaat bagi orang banyak. Impian yang dicapai pun menebarkan kemaslahatan. Direktur Eksekutif Integrative Medicine Initiative di Michigan AS, Patricia Megregan mengatakan, “Spirituality is where people find meaning in their lives. It’s something higher than themselves, though out necessarily attached to religion.”

About these ads

Comments on: "Motivasi Diri Dengan Hati" (64)

  1. sudarwan danim,prof said:

    tulisannya ok juga ya, mungkin ke depan kita bisa berdiskusi lebih mendalam. trim

  2. Semoga bisa menggugah pribadi saya untuk seepatnya merubah keadaan menjadi lebih baik.

  3. terima kasiy pak Sudarwan dan pak Bayu sudah berkenan membaca artikel ini.
    buat pak Sudarwan, saya juga senang bisa mempunyai kesempatan berdiskusi dengan anda secara lebih mendalam.

    salam,
    sigit wahyu
    sigit.wahyu@gmail.com

  4. motivasi diri itu penting, tak jarang orang menghabiskan puluhan hinga ratusan juta untuk mendapatkan motivasi diri tersebut, dengan melalui berbagai cara…. maka bagaimana kita bisa memotivasi diri kita yang motivasi itu tidak terbatas hanya materi semata, yang motivasi itu seumur-umur kita bisa termotivasi itu yang penting mungkin….

  5. MKCH YACH DENGAN INI AKU BISA LEBIH BERSEMANGAT UNTUK MENCAPAI CITA2 YANG AKU INGINKAN DALAM KEHIDUPANKU, DENGAN TRUS MEMBERI MAKAN OTAK KITA DENGAN SESUATU YANG POSITIF DAN YANG BAIK2 AJ AGAR HASILNYAPUN JG IKUT BAIK. THX

  6. ok punya tp tambahin lgi ya artikelnya,

  7. ” kita menjadi seperti apa yang kita pikirkan “.

  8. yap.. bnr banget tuh.. mksih deh inspirasi nya, moga ja kedepan nya q bisa lebih baek lagi.. terlebih moga artikel nya bisa lebih keren ja..

  9. Nice Posting. Yup, Motivasi memang merupakan charger yg dpt merecharge energi dan spirit untuk melangkah menuju sukses. Tanpa motivasi dan antusiasme maka kesuksesan tdk memiliki roh. Bukankah motivasi adalah roh dari kesuksesan?
    Btw, blh tukeran link gak?

    http://motivasi-arif.blogspot.com

    http://arifgenius01.wordpress.com

  10. kadang kala saat kita berada dalam posisi sulit,jatuh,terjepit dan sengsara kita lupa akan besarnya kekuatan hati kita sendiri…hal inilah yang harus kita renungi dan coba untuk bangkit…dengan adanya motivasi kita dapat mengerti dan tergugah hati dan diri kita untuk bangkit…

  11. ayo bangkit indonesia-ku.. jangan biarkan harkat dan martabat bangsa dilecehkan oleh bangsa lain. kita memang butuh untuk terus memotivasi diri kita. thx.

  12. Motivasi = Roh Kesuksesan. Betul tidak?! Tanpa motivasi segala tindakan kita menuju sukses menjadi tidak bertenaga & hampa energi. Btw, boleh tukeran link mas? Kutunggu infonya.

    http://motivasi-arif.blogspot.com

  13. hidup adalah perjuangan, beranilah untuk memulai perjuangan tersebut dengan resiko engkau harus menyelesaikan perjuangn itu……….

  14. ketika kamu jujur dan terbuka mungkin org akan menipumu,tapi tetapla bersikap jujur…..hidup jujur

  15. kadang kita harus mencari sesuatu yang dapat memotivasi kita dan hanya kita yang tahu

  16. motivasi tuh perlu

  17. aku ga tau….apakah aku termasuk orang yang termasuk termotivasi apa ga,,,,tapi aku ngerasa,,,,kalo udah mengalami kegagalan,,,ya udah,,,,aku jadi berkecil hati,,,dan hopelesss gitu….Oh God,,,kayaknya aku kurang bersyukur,,,,

  18. [...] Motivasi Diri Dengan Hati oleh Diah Ayu Laras Putri dan M. Sigit Wahyu Kurnianto dalam https://management06.wordpress.com/2007/07/18/motivasi-diri-dengan-hati/ [...]

  19. roby_maryadi said:

    terima kasih

    dan

    tetap semangat menulis ya

  20. tindakan dan pikiran jernih serta keinginan yang tulus untukmenciptakan sebuah kemakmuran hati dan jiwa…merupakan awal sebuah kesuksesan…menciptakan pola pikir yang optimis terahadap diri sendiri karena kesuksesan dan keberhasilan serta ketenangan jiwa adalah kita sendiri yang menentukan arah……tank’s atas posting nya bapak-bapak,sekarang saya lebih mengerti tentang makna dan arti hidup sebenar nya.

  21. awalnya sulit sebelum menjada mudah, tapi kita yakin pasti bisa…oke salam sukses…

  22. walnya sulit sebelum menjadi mudah,,,,tapi kita yakin,,, pasti bisa,,oke salam sukses…set up your mind…organize your goal….aminn!!!

  23. bener juga.
    tp terkadang semuanya kemabli ke diri masing2 .. i need help to become a good boy .. thx

  24. Annisa Nakos said:

    saya sgh mmbacanya oke juga. terima kasih dg ini motivasi saya jd bertmbah nich

  25. sandi subakti said:

    sebenarnya harus ada kesimbangan antara hati dengan logika !!
    sehingga motivasi terhadap diri kita benar-benar berjalan dengan baik…!!

  26. saya percaya dengan kekuatan hati apalagi kekuatan cahaya hati yang diturunkan oleh tuhan yang maha kuasa….. thanks pencerahannya

  27. imam faozi said:

    bagaimanan caranya biar kita punya motivasi hidup yg lbh, untuk mencapai masa dpn yg lbh baik, apakah mimpi juga merupakan salah satu motivasi dan penyemangat?

  28. Moh. Herry Mustofa said:

    Artikel yang bagus, pengembangan diri melaui motivasi untuk kesuksesan mewujudkan impian

  29. Motivasi diri itu penting untuk kita selalu berfikir positif…..trims too Artikelnya Bagus….

  30. ns_deby said:

    motivasi itu tidak hanya PenTinG, TetaPi BUTUH BGD!!!!!

  31. Thanks buat artikel motivasinya, ini penuh arti dan makna buat perubahan hidupku. jangan berhenti munulis cerita, tips motivasinya.

  32. bagaimana cara memotivasi anak saya usia 19 tahun utk kuliah? karena dia pernah kuliah tapi hanya sanggup 1 semester dan blm menempuh ujian semester dia sudah berhenti dan sekarang dirumah saja bermain game on line, seharian dan berhenti hanya untuk sholat, makan, tidur

  33. Motivasi itulah kata yang paling suka saya pelajari dan mungkin ini makan pertama buat otak saya setiap hari, karena saya yakin, dan percaya. motivasi lah yang akan bisa membuat saya maju. artikel ini penuh arti dan pembangkit semangat hidupku. thanks buat anda. jangan berhenti menulis tentang motivasi.

  34. thanks infonya saya lebih bersemangat nih. . ..
    bher. . .her. . .

  35. SEperti jg dgn pRinsip hdup q
    ” ….hiDUP bkn u/ dmakLUmi tp u/ djaLAni…. “

  36. boyciamis said:

    gimana caranya ya untuk menanamkan keyakinan?…..

  37. mantap…………..euy artikelnya…

  38. motivasi datang dan pergi……

  39. inilah yang aku butuhkan saat ini saat diri di penuhi dengan perasaan pesimis dan kekhawatiran duniawi, dengan ini aku akan berusaha lebih positif lagi dari sebelumya apapun yang terjadi dalam hidup aku, aku akan tetap semangat dan pantang menyerah…bukankah Allah melarang kita untuk berputus asa???

  40. Motivasi diri itu penting untuk hidup. Dengan motivasi, manusia mampu memposisikan dirinya sebagai makhluk terbaik yang diciptakan Allah di muka bumi ini. SALAM MOTIVASI

  41. Hai…
    tulisannya bagus sekali.. bolehkah aku nyontek…
    terimakasih.. :)

  42. selalu positif tingking.

  43. optimis n dinamis.

  44. Cha chi chu said:

    Nice^^

  45. hidup adl anugrah terindah,,nikmati,pjuangkan,rawat dan hargailah anugrah mu

  46. like this deh

    membuat motivasi banget pokonya

  47. Hidup adlh prjuangan yg hrs dihadapi…oleh krn itu apapun yg terjadi kt hrs tetap semangat dan trus berjuang

  48. Tulisan ini memang perlu dibaca. Sehingga dari telaah ini akan lebih dapat memberikan motivasi pada diri sendiri utk mengembangkan diri sendiri dalam segala hala yg bermanfaat.

  49. ayo bangkit indonesia-ku.. jangan biarkan harkat dan martabat bangsa dilecehkan oleh bangsa lain. kita memang butuh untuk terus memotivasi diri kita. thx.

  50. tulisannya ok juga ya, mungkin ke depan kita bisa berdiskusi lebih mendalam. trim

  51. motivasi diri itu penting, tak jarang orang menghabiskan puluhan hinga ratusan juta untuk mendapatkan motivasi diri tersebut, dengan melalui berbagai cara…. maka bagaimana kita bisa memotivasi diri kita yang motivasi itu tidak terbatas hanya materi semata, yang motivasi itu seumur-umur kita bisa termotivasi itu yang penting mungkin….

  52. Nice post,.. makasih atas artikel motivasinya.. smoga b’manfaat utk kita semua..

  53. Nice. .very gud. .thx

  54. ida widiyawati said:

    i like it…^^

  55. likeee betullll, ini baruu mantappp. setujaaaa.thanksssssss

  56. artikel yang bagus.
    memang nilai spritual dan kedekatan dengan Allah adalh kunci dari motivasi diri.
    terimakasih atas infonya.

  57. mantap gan isi artikelnya

  58. Motivasi itu seperti mandi; kalau Anda berhenti melakukannya maka Anda akan “melempem” lagi, sama seperti Anda akan bau lagi bila berhenti mandi.

  59. Motivasi diri dicari dan dinanti

  60. darwati said:

    (y) lebih bgsu lagi jika ada periwayat hadist, krn motivasi ini lebih dekat dg ajaran spiritual islam

  61. nice :)

  62. motivasi diri dengan hati saya sangat setuju min

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: