Blog Mahasiswa FEUI – Manajemen angkatan 2006

Pernah ga lo ?

Ketika lo seneng ma seseorang, suka banget sampe lo rela berkorban apa aja, tapi semua pengorbanan itu sepertinya sia-sia dan dia teuteup ga memperdulikan lo. Apakah itu artinya doi berhati batu, kejam ? Apakah itu artinya lo harus segera mundur ? Tunggu dulu, klo lo bener-bener suka, jangan menyerah dulu karena mungkin kesalahan ada pada diri lo sendiri.

Dalam buku Komunikasi Bisnis karangan Quible, berulang kali ditekankan pentingnya You-Viewpoint dalam setiap berkomunikasi dengan orang lain, baik lisan ataupun tulisan.

 

You-Viewpoint adalah melihat dari sudut pandang orang lain.

 

Alih-alih fokus terhadap apa yang kita inginkan, You-Viewpoint lebih memusatkan perhatian terhadap kebutuhan orang lain, terhadap apa yang diinginkan orang lain.

Gw pikir, ini mungkin yang menjadi penyebab kenapa pengorbanan lo seolah-olah tidak berarti buat dia, karena kebanyakan kita lebih sering menggunakan I-viewpoint. Tanpa sadar kita lebih cenderung memikirkan apa yang kita mau.

 

Contoh ringan :

” Gw pengen ngajak lo nonton, mau ga ? ”

Ini salah satu contoh pertanyaan I-viewpoint, kita menekankan keinginan kita untuk ngajak dia nonton, kecuali kalo memang saat itu dia mau nonton, mungkin dalam hati dia akan jawab :

” Itu kan keinginan lo, gw siy ga pengen “

Pertanyaannya mungkin bisa diganti dengan pertanyaan You-viewpoint, misal :

” Gw denger lo gila nonton ya, Transformer katanya asyik loh, gimana klo besok kita nonton ? ”

Kuncinya : pertanyaan seperti ini hanya akan tepat jika sebelumnya lo nyari info dulu tentang hobi dia. Dengan pertanyaan itu bukan berarti dijamin 100% dia mau diajak nonton, tapi gw yakin seenggaknya peluang untuk nonton bareng akan lebih besar klo lo memakai pertanyaan You-Viewpoint seperti ini.

Kalimatnya bisa lo modif sendiri.

Baiklah, kita kembali dengan masalah pengorbanan. Sacrifice. Habis duit, habis waktu, habis pulsa, menanggung malu, bela-belain setengah mati, dipukulin preman deket rumah dia, bikin puisi, bikin lagu, ngasih perhiasan, ngasih HP, ngasih mobil, bekerja pontang-panting, beli parfum mahal, pergi ke Ma Erot , tampil rapi setiap hari…dan seribu macam pengorbanan lainnya. Percaya ma gw, semua itu mungkin ga ada artinya buat dia, atau dia mungkin malah ga ngerasa kalo lo sebenarnya udah berkorban setengah mati buat dia ! Semua itu USELESS.

Kenapa itu bisa terjadi ? Itu karena kita lebih sering memperhatikan apa yang kita inginkan, kita terus menjejali dia dengan fitur-fitur hebat yang kita punya, tanpa peduli dengan apa yang sebenarnya dia inginkan.

Klo kita pergi memancing ikan, tentu kita tidak akan memberikan jam tangan kita sebagai umpan kan ? Jam tangan mahal kita mungkin lebih mahal daripada cacing. Tapi ikan jelas lebih menyukai cacing daripada jam tangan kita.

Jadi klo lagi suka seseorang, cobalah cari tahu dulu apa keinginan-keinginan dia sebenarnya. Lupakan dulu keinginan-keinginan kita. Bantulah dia untuk mencapai apa yang diinginkannya, setelah itu lo bakal tau apa yang akan lo dapatkan dari dia.

Got the point ?

” Ikan ga peduli dengan mobil kita, ikan hanya peduli dengan cacing yang kita punya ”

Good luck !

GP

Comments on: "Aplikasi Kombis dalam Percintaan : U-viewpoint" (4)

  1. Teruskan usahamu jgn ragu-ragu yah om…tetep nulis nyang kayak ginian…jgn nulis yang mesum2 terus…nanti di blog ma bang mod….doaku selalu menyertaimu

  2. Tulisannya bagus banget..

    Gw juga pernah nulis tentang hal ini.
    Bedanya, gw ajarkan orang untuk menyerah
    (mungkin karna gw ngalamin sendiri :D).

    Walaupun telat bacanya (karna gw sdh menyerah Januari lalu), hari ini gw bisa tersenyum karna pertanyaan “kenapa” yang selama ini jadi hantu di kepala gw, terjawab sudah…

    Makasih banyak ya, Mas ^_^

  3. yah.. namanya juga manusia suka yang aneh anehg… hauhauhau
    http://blog.aprillins.com yes im aprillins

  4. hmmm,,, perlu berjuang kah,, jika memang hatinya bahkan dianya tidak lagi pada ku?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: