Blog Mahasiswa FEUI – Manajemen angkatan 2006

Trik Kuliah Di PEFEUI

Ini adalah sekumpulan Trik untuk kuliah di Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, khususnya yang kuliah di Salemba.

Mahasiswa yang kuliah di Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia kampus Salemba biasanya adalah para Ahli Madya yang bekerja (antara 80-90 persen) yang mengejar S1.
Untuk membantu seorang mahasiswa pekerja dengan karakteristik seperti itu, maka perhatikanlah hal hal berikut :

  • Wajib punya milis.

Milis ini adalah sarana untuk menyebarkan informasi secara cepat dari dan kepada seluruh anggota. Sebisa mungkin menggunakan account email di gmail demi kenyamanan.

  • Manfaatkan Smartphones Anda.

Rasanya sekarang smartphones sudah bukan barang mewah lagi. Banyak smartphones yang harganya dibawah 1 juta rupiah. Manfaatkan fasilitas komunikasi via group chat / instant messaging (misal whatsapp group, blackberry group, etc) untuk menyebarkan informasi secara instant. Manfaatkannya untuk sisi positif tentunya. OK? ;-)

  • Wajib ngecek SIAK NG setiap hari.

Informasi yang berkaitan dengan pelajaran2 biasanya disebar di SIAK NG (misal kalo ada dosen yang ga masuk atau ada kuliah tambahan dll).

  • Memilih Dosen Yang Tepat.

Salah satu kunci terpenting dalam mengejar nilai dan keberhasilan kuliah di Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia adalah dalam pemilihan dosen ketika ngisi IRS. Untuk itu hal yang penting diketahui mahasiswa adalah karakteristik para dosen tersebut. Dosen dosen mana saja yang highly recommended, dan mana mana saja yang “killer”

  • Memperhatikan Strategi Pemilihan Matakuliah

Pada saat blog ini dibuat, Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia menawarkan 9 kekhususan untuk para mahasiswanya. Masing masing kekhususan dibedakan dari mata kuliahnya. Nah, biasanya ada beberapa mata kuliah yang membutuhkan prasyarat. Misal, untuk bisa mengambil mata kuliah Manajemen Pemasaran maka mahasiswa harus sudah pernah mengambil mata kuliah Pengantar Bisnis dan Manajemen. Untuk bisa mengambil mata kuliah Akuntansi Biaya maka mahasiswa harus sudah mengambil Pengantar Akuntansi. Dst dst dst. Strategi disusun ga cuma berdasarkan mata kuliah prasyarat, tetapi juga hari yang disediakan untuk mata kuliah tertentu. Misalkan, mahasiswa ingin mengambil Makroekonomi dan Matematika. Ternyata keduanya disediakan di hari yang sama. Maka harus ada yang dihapus atau diambil lain waktu. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan mengambil di Semester Pendek.

  • Read the news.

Suka ga suka : Bangku kuliah hanya mengajarkan teori. Banyak mahasiswa yang akhirnya cuma terpaku untuk menghafal apa yang diajarkan oleh dosen, tanpa tahu praktek di dunia nyatanya seperti apa. Cara paling mudah dan murah adalah : READ THE NEWS…. baca berita. Banyak sekali berita di dunia maya yang bisa digunakan untuk mendukung mata kuliah yang diajarkan. Contoh : Untuk mendukung mata kuliah TEORI EKONOMI MAKRO kita bisa melihat berita tentang ekonomi dunia, baik kebijakan Pemerintah RI, kebijakan The Fed, kondisi ekonomi di kawasan Eropa dan Asia, dll.

  • Perluas Pergaulan Semasa Kuliah.

Hal ini penting, ga cuma untuk kepentingan pada masa kuliah, tetapi juga nantinya dimasa depan. Seringkali kita diminta untuk membuat tugas kelompok. Adalah penting memiliki partner yang cocok dalam bekerja sama, dan usahakan untuk tidak sering berganti orang. Adalah lebih baik lagi jika kita memiliki team belajar, karena susah sekali bagi seorang mahasiswa pekerja untuk bisa menguasai seluruh bahan…. jadi keberadaan teman belajar adalah sangat penting untuk bisa saling mengisi.

Comments on: "Trik Kuliah Di PEFEUI" (210)

  1. thanks..
    btw, sekarang biaya untuk kuliah di PEFEUI berapa ya kira2?
    trus DPP ama DKFM itu apaan si?sorie nih kalo nanya2..
    mo ngerencanain ke depannya..

  2. Untuk rekan Rafi,
    SPP di PEFEUI berbeda tiap angkatan.

    Untuk yang di Salemba
    Sampai dengan yang saya tahu, untuk angkatan 2006 persemester SPP-nya 4.5jt. Angkatan 2007 SPPnya 4.75jt, dan angkatan 2008 SPPnya 5jt.
    Itu untuk yang ambil Manajemen. Kalo yang ambil Akuntansi kalo ga salah nambah 500rb dari yang manajemen.

    Untuk kelas Depok harganya lebih murah 500rb dari yang di Salemba.

    • BOP ekstensi skrg mahaaal :( 8jt per semester *pingsan*
      btw ada yg tau gak biasanya kalo ekstensi ada program beasiswa nya gak sih??? saya mahasiswa baru yg sedang bingung gamau ngerepotin ortu terus :'(

  3. Saya adalah seorang yang tertarik utk kuliah di PE-FEUI dan rencana akan ikut tes masuk pada Tahun 2009. Boleh gak minta contoh-contoh soal tes masuk PE-FEUI? Saya akan sangat berterima kasih atas bantuannya. Smoga mendapat balasan yang lebih baik..

    Oya, jadwal kuliah PE-FEUI itu mulai pukul berapa sih dan hari apa aja? Thanks

  4. Halo Rico…
    Tes masuknya pas angkatan saya dan angkatan dibawah saya beda. Tapi pada intinya mirip kok dengan psikotes2 yang biasa kita hadapi seperti hitungan angka, logika gambar. Selain itu ada pengetahuan umum : Misal pengertian dari bibliografi.

    Buku2 soal psikotes bisa didapatkan dengan mudah di Gramedia.

    Setelah itu, ada test untuk menentukan matrikulasi (bagi yang sudah lolos test masuk). Jadi untuk yang sudah pernah ambil (misal) pengantar akuntansi di D3 dulu, ga usah ngambil lagi disini (asalkan lolos test matrikulasinya).

    Jadwal resmi kuliah di PEFEUI adalah jam 18.30 – 21.00.
    Ada dosen yang ga terlalu strict (misal masuk jam 19.00 atau pulang 20.30)

  5. Saya lulusan d3 akuntansi dan ingin melanjutkan ke s1 ui.
    Kira2 berapa lama waktu yg diperlukan untuk menyelesaikan study ke s1?
    Apa saya bisa ambil kedua kelas di salemba dan depok untuk mempersingkat waktu?
    Terima kasih.

  6. @Dian
    Waktu yang dibutuhkan untuk nyelesein kuliah dari D3 ke S1 di PEFEUI yah tergantung dari prestasi si mahasiswa.
    Paling cepat selesai dalam 2 tahun (untuk jurusan Manajemen).
    Dalam kasus kasus tertentu bisa saja ngambil secara cross (ngambil di depok sekaligus salemba).

  7. klo misalnya di kuliahan ada satu mata kuliah ga lulus, trus di semester pendek ga ada. kan kita ga bisa ambil tuh….

    eh, ceritanya itu mata kuliah ada di buka semester berikutnya (ganjil/genap). apakah hitungan bayarannya bisa seperti di semester pendek? soalnya klo ngambil di semester ganjil/genap, berarti kita harus bayar penuh Rp 4 jutaan hanya untuk satu mata kuliah??

    bagaimana solusi untuk masalah ini..?
    terima kasih…

  8. kadal bunting said:

    @natha
    sayangnya ga bisa nath… kl u ga lu2s satu aja mk dan di sp ga da mndingan sp lo ngambil mat kul next smt (yg satu smt ma yang mk lo nyg ga lu2s tentunya)

    n then next smt lo bisa ambil mk lo yg ga lu2s

    but…. kl lo dah smt akhir n ga lu2s atu aja…. gw saranin lo menghadap PA atau kl perlu dekan sekalian

  9. Saya dari S1 Farmasi, mau ikutan ekstensi akuntansi bisa gak yah??

  10. @Nana

    Untuk ekstensi akuntansi setahu saya cuma dibuka untuk yang D3-nya akuntansi.
    Kenapa ga ambil Manajemen aja? Banyak kok temen2 gue yang dulu S1 dan D3 di jurusan lain masuk ke ekstensi ekonomi yang manajemen.

  11. Randi Kharis said:

    Saya mahasiswa D3 FE UGM. Banyak kabar yang memberitakan bahwa seluruh universitas negeri akan menutup jalur transfer dari D3 ke S1. Begitu pula yang terjadi di UGM. UGM telah menutup program Ekstensinya.
    Saya ingin menanyakan apakah jalur transfer ke S1 FE UI melalui program Ekstensi masih dibuka?
    Karena saya ingin bergabung bersama FE UI setelah saya wisuda dari D3 FE UGM bulan Agustus nanti.

  12. randi kharis said:

    Saya mahasiswa D3 FE UGM. Banyak kabar yang memberitakan bahwa seluruh universitas negeri akan menutup jalur transfer dari D3 ke S1. Begitu pula yang terjadi di UGM. UGM telah menutup program Ekstensinya.
    Saya ingin menanyakan apakah jalur transfer ke S1 FE UI melalui program Ekstensi masih dibuka?
    Karena saya ingin bergabung bersama FE UI setelah saya wisuda dari D3 FE UGM bulan Agustus nanti.
    Terimakasih.

  13. Wah bagus banget nih Masnya, makasih bagnet triks2nya, saya lagi kepengen jg nih, ikutan test di PEFEUI, ada maksimalnya ga sih klo ga lulus sampai berapa semester, sama ada jalur kompre ga slain skripsi, he2.. thx for info.

  14. @Randi Kharis
    Kami belom dapet kabar apa apa tentang hal ini. Kayaknya sih PEFEUI akan tetap ada sampai tahun depan. Atau jika mau lebih jelas bisa telpon ke 021-3193-5080 (sekretariat PEFEUI Salemba).

  15. @Iskandar
    Kalo ga salah batas maximal adalah 10 semester. Tapi untuk yang lancar, sebenernya 5 semester pun udah bisa lulus (5 semester reguler + 2 kali semester pendek). Total cuma butuh kira kira 27 bulan (2 tahun 3 bulan). Sebanyak 20% teman teman saya lulus dengan waktu 2 tahun 3 bulan (masuk Sept 2006, selesai Des 2008).

    PEFEUI highly recommended untuk yang mau ngejar ilmu. Kalo cm untuk ngejar ijasah tapi males belajar, PEFEUI rada terlalu berat.

  16. PEFEUI terlalu berat untuk anak2 ekstensi yang udah lebih banyak memikirkan masa2 tuanya, dan sudah terlalu dewasa untuk mengejar sarjana…jadi kenapa harus kurikulum disamakan sama reguler,,kita bayar beda kok…i hate this campoes, actually… tapi mau gimana ya, udah konsekuensi keputusan dari awal…cuma rada menyayangkan aja…kenapa harus ujung-ujungnya duit juga….

    • aba khadija said:

      yah….kalau situ ngga suka ngapain diterusken? Kuliah aja di Univ abal-abal. Yang murah banyak kok. Tapi ntar jangan uring2an kalao kondisinya ngga sesuai dengan yang diharapkan heheheh

  17. good…. i will remember it

  18. Thanks Trip ya…

    Saya tertarik utk ikutan daftar PEFEUI, rencananya mo ambil manajemen keuangan syariah.
    Ada beberapa yg mau saya tanyakan :
    1. utk jurusan tsb kuliahnya di salemba atau depok ya ?
    2. jadwal kuliahnya sore setiap hari atau hari2 tertentu + sabtu ?
    3. Jam kuliah di depok & salemba sama gak ?

    Dan satu lagi nanya yg oot, apakah di salemba ada S2 IT gak ya ?

    Thanks

    • @Dewi
      1. Di Salemba dan Depok sama sama tersedia kok.
      2. Setiap hari kerja, senin – jumat, mulai 18.30 sampai selesai.
      3. Sama

      OOT : Ada. Magister IT.

  19. Sy bminat mlanjutkn s1 akntansi d ui. Ada kls karyawan yg jdwal kul’y sbtu minggu g?soal’y snin smp jumat sy kerja dan trkadang smp mlm.thx

    • @Wie
      Sayangnya sampai saat ini UI tidak membuka kelas Sabtu Minggu.
      FYI, lebih dari 80% mahasiswa Program Ekstensi FEUI di Salemba adalah karyawan yang bekerja Senin – Jumat. Beberapa orang bahkan sudah berusia di atas 30 tahun. Banyak juga yang sudah menikah dan memiliki anak.

      So, you are not (and will not be) the only worker around :-)

      Kuliah di Program Ekstensi FEUI memang butuh pengorbanan besar….. selain SPP-nya yang jauh lebih mahal daripada univ swasta, kita masih harus mengerahkan segala energi, emosi, dana, dll….
      but it’s very very very worthed….

  20. Ada yang mau saya tanyakan….
    biasanya untuk ekstensi jurusan manajemen test matrikulasinya meliputi apa aja ya? makasih atas infonya

    • Halo Dwi

      Ujian matrikulasi bertujuan untuk melihat kemampuan calon mahasiswa untuk beberapa mata pelajaran, yaitu :
      * Pengantar Akuntansi.
      * Pengantar Bisnis dan Manajemen.
      * Pengantar Teori Ekonomi.
      * Pengantar Metode Kuantitatif.

      Misalkan : calon mahasiswa yang sudah pernah mengambil matakuliah Akuntansi ketika D3 dan dia bisa melewati soal soal matrikulasi untuk pelajaran Pengantar Akuntansi, maka dia tidak perlu mengikuti matakuliah tersebut lagi.

      Pengantar Bisnis dan Manajemen adalah dasar dan prasyarat bagi mata kuliah : Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi, Manajemen SDM, dan Manajemen Keuangan.

      Pengantar Metode Kuantitatif adalah dasar dan prasyarat untuk mata kuliah : Statistika dan Matematika Ekonomi

      Pengantar Teori Ekonomi adalah dasar dan prasyarat untuk mata kuliah : Teori Ekonomi Makro dan Teori Ekonomi Mikro.

      Semoga membantu :-)

  21. Thanks atas infonya.

    Mau tanya lagi nih…kan yg ambil jurusan manajemen ada ujian matrikulasinya, ujiannya meliputi apa aja ?

  22. :) mau brtnya niey..
    1. Biaya sp brapaaan y?
    2. Dmana mndptkan s0al2 thun2 lalu test masuk pe-feui?

    Trims b4 :)

    • 1. SP dihitung per SKS. Tiap tahun berbeda. Kalau ga salah, SP 2009 kemarin Rp 300.000 per SKS. Jadi kalau ambil 9 SKS (jumlah SKS maksimal yang bisa diambil di SP) maka bayarnya 2.700.000,-

      2. Mungkin di Gramedia. Setau saya, dalam beberapa tahun terakhir ini soal ujian masuk PEFEUI itu disiapkan oleh pihak luar (bukan dari UI). Nah, apakah soal soal tahun kemarin itu akhirnya diedarkan di luar saya kurang tahu.

  23. asmlkum mau tanya dnk
    untuk mahasiswa baru PEFEUI ada masa orientasi atau tdk.
    Trims

  24. Ka mo tanya, kan yg ujian matrikulasi udh ada buku referensinya niy, tp smp skrg blm dapet2 tu buku ada info nyari dmana/ thx bgt y ka (T_T)

  25. tanya lagi dnk..mbak/mas Snowy punya silabus/ jadwal tahun 2008/2009? mata kuliahnya apa aja sih… trimakasih bnyak

  26. bertanya kembali hehe…soal matrikulasi berbahasa Inggris atau Indonesia ya….untuk prediksi aja hihi…trus untuk bayangan, soalnya itu pilihan ganda atau uraian essai ya :)…trimakasih

    • Mohon maaf, pas angkatan saya tidak ada ujian matrikulasi, sehingga saya ga bisa share pengalaman.

      Mungkin ada teman2 lain yang bisa bantu? (yang baca blog ini maksudnya…..)

      it’s time to share…

      • apa tahun 2015 nanti jalur ekstensi masih buka ya? saya ambil jurusan manajemen informatika di politeknik negeri medan dan kira2 fakultas apa yang cocok saya ambil di UI..trims :)

    • just 4 share..

      untuk ujian matrikulasi pake bahasa indo n soal ujiannya pilihan ganda ko…

  27. hai kak snowy..saia maba D3 akuntansi keuangan UI mau tanya2 nih..boleh yaa??

    1. sebenernya di PEFEUI itu sendiri ada isu2 UI mw ngapus program ekstensi gag sih?? soalnya pengen bgd nerusin S1 di PEFEUI..tp kalo tahun 2012 uda dihapus, ya mending saia ikut ujian masuk UI lg tahun depan..
    2. kalo dari jurusan akuntansi keuangan mending ambil ekstensi di jurusan apa? saia sih pengennya manajemen, tp kalo tante saia bilang akuntansi aja lg biar kuliahnya cepet beres..benar begitu?
    3. bisa kasih tau nggak tingkat persaingan di UMPE khususnya FE? dgr2 tahun ini pilihan jurusannya cuma dijatah 1 dan soalnya lebih susah dari tahun2 sebelumnya..trz katanya ada kebijakan: lulusan D3 UI yg bs msk PE UI dijatah hanya 25% dari jumlah lulusan D3 UI..
    4. daya tampung PEFEUI per prodi brp?
    5. tips dan trik nya donk biar lulus UMPE

    sorii pertanyaannya kebanyakan..makasih byk uda mw jwb.. =)

    • 1. Saya ga pernah denger isu itu, mungkin bisa tanya langsung ke sekretariat PEFEUI.

      2. Soal cepet selesai sih tergantung orangnya. Kayaknya sih durasi kuliahnya kalau lancar dan strateginya bagus bisa sama kok. Jadi, tinggal ikutin aja cita citanya…. kalo pengen kerja di bidang akunting, yah masuk ke Akuntansi. Tp kalo pengen masuk ke jalur yang lebih luas (bisnis) yah masuk ke manajemen.

      3. Sorry, saya ga tau untuk hal itu :-)

      4. Secara total saya ga tau. Tebakan saya sih, di Depok 400, di Salemba 400 untuk yang manajemen. Untuk akuntansi saya ga bisa prediksi.

      5. Jangan terlalu tegang pas ikutan ujiannya. :-)

    • 1. Saya rasa tidak ya. Ga ada keuntungan bagi FE untuk menghapuskan extension, apalagi uang kuliahnya lebih besar daripada yang reguler setau saya. Untuk jelasnya mungkin bisa menghubungi Ibu Sinta bag konseling pendidikan di birpen FE lt. 3. Tapi kalau bisa langsung diterima S1 tahun depan, itu jauh lebih baik karena akan menghemat waktu dan uang.
      2. Setuju dengan Mr. Snowy. Coba pikirin secara keseluruhan setelah lulus, mau kerja apa dan dimana.
      3. Jangan terlalu dipikirin. Lakukan aja persiapan sebaik-baiknya. Ujian UMPE kemarin cukup susah, tapi yang diterima cukup banyak koq…
      4. Ga tau ya…
      5. Beli bank soal UMPE yang akan dijual deket2 hari. Latihan abis2an. Ikutin klo ada lokakarya mengenai PE, di sana biasanya juga dijual bank soal.

      Overall, jangan terlalu kuatir ama tingkat persaingan dll, yg penting latihan abis2an. Tapi kalo bisa masuk S1 reguler, itu lebih bagus lagi. Hemat waktu dan uang, dan bisa menjalani kehidupan “normal” dengan lebih menyenangkan… (gw tiap malem nyampe rumah paling cepet jam setengah 11… walau bersyukur diterima, tapi kadang capek juga… hehehehe…)

  28. hallo… saya mau tanya nih…
    1. setelah dapet KIM tahap selanjutnya apa ya…kebetulan saya
    diterima diPEFEUI.
    2. Periode registrasi akademik (perwalian)
    SIAK-NG maksudnya gimana ya? mohn pnjlasannya….
    3. Lokasi PSAU tingkat universitas biasannya dimana ya

    trims :)

    • Hi Dhoo
      Mungkin bisa hubungi sekretariat. Maaf saya ga bisa kasih jawaban, karena saya sudah alumni dan tidak tau jadwal yang sekarang.

  29. Hi,

    Saya sudah kul di ext FEUI angkatan 2009 dpk, mau nanya beberapa hal dong:

    1) kalo ambil SP, jadwal kuliahnya kapan ya ??
    Apa sama dengan kuliah biasa, untuk angkatan 2009, kul itu jam 7 mlm.

    2) kalo beli bukunya dimana ya ?? kalo beli di leksika, mahal, mngkn ada info buat beli yg lebih murah dimana ya??

    3)asistensi kan jadwal kul nya jam 5 sore, sementara kita yg pekerja ini, baru plg jam 5 dari kntr, kira2 kalo telat msk kul nya masalah nggak ya ??

    4) saya liat banyak mahasiswa yg lain bawa notebook masing2 ke kampus, itu buat apa ya ?? apa buat akses internet gratis di kampus, mungkin hotspot? kalo bisa akses internet itu di kampus, cara nya gimana ya ??

    Mohon info nya.

    Terima kasih,

    • 1. SP itu setelah semester genap. Biasanya dimulai sekitar pertengahan Juni sampai dengan awal Agustus.
      Jam kuliah senin – jumat sama. Tapi kalo SP ada kuliah hari Sabtu dan itu dimulai jam 9 pagi (biasanya).

      2. Banyak kok di tempat fotokopian.

      3. Tergantung dari masing2 asdos.

      4. Untuk ngerjain tugas, dan untuk internet access. Kalau mau dapet internet access harus ngurus. Mungkin bisa tanya ke Sekre Depok dulu agar lebih tepat.

  30. Hallo, boleh tanya” dikit ni ? hehe..

    1. PEFUI itu untuk yang D3 ke s1 ya ?
    2. Saya lulusan s1 TI (bukan dari UI) tapi saya ingin melanjutkan ke ilmu ekonomi UI. Minta saran, sebaiknya ambil PEFUI atau Magister ya?
    3. Kalau misalnya kita kuliah tepat waktu, untuk di kampus salemba (Fakultas Ekonomi) itu kira” butuh waktu lulus berapa lama ya? dan biayanya?
    4. Untuk masuk ke PEFUI/magister apakah saya perlu perlu pengetahuan dasar tentang ekonomi (untuk ujian saringan masuknya)

    Ty, :D

    • 1. Ya. Juga untuk yang lulus SMU udah lama, atau S1 ga selesai.
      2. Ga ngerti utk yg ini.
      3. Utk perbandingan aja, di PEFEUI Depok itu normal (tanpa transfer kredit) kira-kira 2,5 tahun dan biayanya sekitar 5,5 jt per smester (untuk smester 1, x2).
      4. Bahan ujian masuknya matematika logika dan english. Bahan ujian biasanya dijual di stasiun dekat2 hari. Ujian matrikulasinya kemarin mencakup teori mikro & makro ekonomi, statistika, matematika, manajemen & bisnis, dan pengantar akuntansi. Klo lulus matrikulasi bisa menghemat 12 sks atau hampir 1 smester –> jadi 2 tahun kalo ikut semester pendek.

    • 1. iya bener cuma kalau yang akuntansi biasanya minimal pernah mengambil mata kuliah pengantar akuntansi
      2. tidak ada pe feui untuk ilmu ekonomi, kalau berminat ke magister saja…
      3. kalau magister paling cepat 1,5 tahun kalau pefeui paling cepat ya dua tahun
      4. waktu ujian masuk siyh gak perlu, pada saat kuliah cukup rajin membaca dan latihan akan membantu

  31. Hi , saya alumni UGM Jogja, jurusan Pariwisata, dan berencana untuk melanjutkan ke UI Management, bisa di share biaya spp, gedung dll. ( rincian biaya awal masuknya)?, dikarenakan UI tidak ada ext. yang sabtu minggu, apakah ada rekomendasi universitas yang bagus lainnya?.
    thx

    • Kemarin saya per semester skitar 5,5 jt. Utk biaya masuk dll juga sgitu; jadi total semester pertama 11 jt. Utk selanjutnya 5,5 jt.
      Jadwal kuliah sabtu minggu memang tidak ada, kecuali kalau:
      – Ada kuliah pengganti
      – UTS / UAS.
      Utk yg univ lainnya saya kurang tahu. Kebanyakan kuliah sabtu minggu itu untuk S2 ya setau saya??

  32. saya saat ini kuliah di D3 teknik mesin PNJ. Bulan agustus 2010 ini akan diwisuda, dan mau lanjut ke UI. Yang ingin saya tanyakan bisa gak ngelanjutin di Ekstensi Teknik Mesin FT UI dan Ekstensi Manajemen FE UI secara bersamaan?

    thanks,

  33. mas Lionheart,,,

    Tes masuknya kan bersamaan, jd bagaimana anda menyikapinya?
    Ga masalah sih, yg penting waktu kuliahnya ga bentrok….

    Semoga berjalan dengan baik yah,,,

  34. lionheart said:

    oh gitu yah, jadi belum pernah ada yang ngambil ekstensi dua2nya ya???
    trus, soal2 ujian masuk ekstensi bisa di dapat dmn?

    • Untuk ujian, yah mungkin memang harus ada yg didahulukan (beda 1 tahun).
      Mengambil dua-duanya sekaligus memang bisa dengan cara mengatur jadwal… tapi cara itu sama sekali tidak efektif karena di ekonomi hanya 1 mata kuliah tiap hari (malam), artinya Anda hanya bisa ambil 2-3 mata kuliah (6-9 SKS) per semester untuk tiap fakultas, yg sebenarnya Anda bisa ambil s/d 5 mata kuliah (15 SKS).

      Belum lagi Anda harus bayar uang masuk 2 kali tokh?!

      Menurut saya, lebih baik Anda fokus saja dengan 1 sampai selesai, atau pilih kuliah pagi (reguler) di tempat lain sambil ekstension malam mungkin bisa lebih efektif.

      Untuk soal2 ujian masuk, biasanya ada di sekitar stasiun UI kalau sudah dekat waktu ujian. Sekitar 1 minggu sebelumnya. Atau bisa juga tanya di bagian penjualan buku di masing2 fakultas, mungkin mereka tahu.
      Kalau mau dapat lebih cepat, saya rasa beberapa anak2 extension yg lama (termasuk saya) masih ada bahan tahun2 sebelumnya, tapi ga tahu apa masih valid nanti… hehehe.. :p

      • saya berencana ikut simak untuk kelas paralel. kira-kira jika saya ngambil TM dan, bisa gak transfer kredit dan waktu kuliah dapat saya tempuh berapa tahun ya? atau lebih baik ikut ekstensi saja dengan jurusan yg sama?

        mana diantara kedua pilihan tersebut yang jika telah transfer kredit nantinya waktu kuliahnya lebih cepat?
        maaf ya kebanyakan bertanya. ^_^

        thanks,

  35. Saya kuliah di D3 jurusan akuntansi, dan berniat melanjutkan s1 management di ekstensi UI,, tapi saya belum selesai kuliah d3nya, bisa gak yah daftar ke manajemen ekstensi UI walau saya belum selesai kuliahnya? trims

    • hai angga
      kayaknya belom bisa deh…. (tapi coba aja telpon ke sekre PEFEUI), karena kalo mo daftar khan harus ada fotokopi ijazah dan transkrip kalo ga salah sih…

  36. terima kasih atas tipsnya….sangat membantu

  37. Dani Lee said:

    Untuk calon2 Maba, udah banyak contoh soal di stasiun UI tuhh…

  38. Rencananya saya ingin melanjutkan ke PE FE UI .
    Saat ini saya masih berkuliah D3 Akuntansi UNPAD .
    Untuk masa kuliah nya apakah standarnya masih > 2,5 tahun atau kurang ?
    Kan saya sudah menempuh 110 sks tuh sebelumnya .
    Mohon pencerahan .

    • minimal 2th max 4th kalo diterima harus ikut tes matrikulasi karena sks dari D3 tidak diperhitungkan lagi, yang diterima ijazah D3nya saja,

  39. Andrianto said:

    Saya baru keterima di PEFEUI jurusan Manajemen kampus Depok tahun 2010 ini..mau tanya beberapa hal,

    1. jadwal kuliah setiap hari apa dan jam berapa ya??

    2. kalo tahun 2010 ini, jadwal tes matrikulasi tanggal berapa dan dimana tesnya??apakah ada biaya untuk tes tersebut??

    3. berapa tahun untuk lulus (minimal dan maksimalnya berapa tahun??)??

    Terima kasih sebelumnya..

    • Hai Andrianto…
      Selamat atas diterimanya anda di PEFEUI. Semoga sukses.

      Berhubung blog ini bukan media resmi dari pihak UI (dan saya pun sudah lama lulus dari UI sehingga tidak up to date lagi mengenai berita2 PEFEUI), mungkin ketiga hal tersebut bisa langsung ditanyakan ke sekretariat PEFEUI Depok.
      Telp : (021) 786-3571, 727-2649
      Email : ext-fe@ui.ac .idext-fe@ui.ac.id

  40. mengenai konsentrasi itu gimana sih memilihnya?
    untuk awal ini apa asal klik2 aja si Siak Ng nya?
    bingung euy..
    katanya suruh tunggu hasil matrik dulu, ternyata udah banyak kelas yang penuh..
    any suggest?

    • bengini bung arik, sabar aja pasti nanti dapet kelas kok. konsentrasi itu nanti milihnya di semester 3 tunggu aja stlah katalognya dikasih so skarang mikirin smester 1 aja dulu. smester 1 itu manj.keuangan,manj.pemasaran, manj.prod,MSDM, dan matematika (syarat semua matrikulasi lolos) seandainya cuma lolos 2 (Peng.Bisnis&manj dan Metode kuantitatif)
      jadi smester 1 yang diambil itu senin:PA, selasa:pemasaran, rabu:manj.produksi kamis:Peng.teori ekonomi jumat: matematika
      catatan:untuk mhs. DEPOK

  41. riryramannisa said:

    wah ini berguna bgt deh. kebetulan keterima juga di PE-FE UI ini. walau sebelumnya saya anak D3 Humas UI. jadi lintas fakultas nih. btw butuh info bgt deh mengenai dosen2 mana yg enak dan ga killer2 amat..

    • caranya:
      1. tanya-tanya malu bertanya sesat di kelas
      2. Bayar SPP tepat waktu sebelum regol dibuka.supaya bisa milih dosen pas regol dibuka.
      3. Regol deh..inget biasanya regolnya berebut siapa cepat dia dapat….hahaha

  42. o iya…btw yg testimoni dosenny dikit bgt c???informasiny msh kurang nih..,,

    • @Mila
      Sayangnya kebanyakan orang yang berkunjung cuma pengen “take” tanpa ada keinginan untuk “give”. Hehehehe….
      Mereka cuma pengen tahu, tapi ga punya keinginan untuk memberi tahu…. makanya testimonialnya sedikit.
      Mungkin kebanyakan merasa ga enak kalo mau ngasih penilaian (yang fair) kepada dosen.

      Mungkin Mila bisa ajak rekan rekan Mila untuk aktif memberi testimonial di blog ini? :-)

      Btw : Semangat dari blog ini adalah untuk SHARE (yang harus saling take and give khan?). Testimonial bukan ajang untuk memuja berlebihan atau berkeluh kesah.

      • waduuhh…gw mhsswi baru ni angktn 2010,,,makany perlu bgt referensii dosen,,,dan blm tau ap2 ttg milis dan cara buatny gmn,he2.gw juga gak tau blm tau sifat2 dosen kyk apa.
        ap blm byk tau ttg webst ini kh?mngkn kalo ada facebookny dr angkatan lama smp yg baaru mngkn lebih jelas x ya…,,

  43. halo,,
    mau tanya nanti bakal dikasih deskripsi matakuliah gitu gak yah dri program ekstensi, sebelum kita mau ngambil matakul tsb? makasih

    • Standard-nya sih seperti itu. Pas pertama kali masuk, dosen harus jelasin tentang matakuliah tersebut (selain juga rule of game). Biasanya dibagiin kertas yang isinya petunjuk2 dan aturan dalam matkul tersebut (buku yang dipakai, formulasi nilai, topik tiap minggu, dll dll dll).
      Sayangnya kebanyakan mahasiswa ga terlalu pay attention pas hal ini dijelasin.
      Kalo dia ga jelasin tanya aja…

  44. Waduh, denger2 dri berita ujian masuk Ekstensi UI makin susah ya? padahal sy pengen daftar ke management ekstensi UI taun 2011 nanti,,, bisa minta tips dan triknya Ka biar diterima? heuheu

    • tips.
      1. daftar di http://www.penerimaan.ui.ac.id
      2. dateng ONTIME
      2. tidur lebih cepat H-1
      3. Minta restu ortu
      4. Relax aja coy ngerjain soalnya.

    • Soal makin susah? Wah ndak tahu juga yah, soalnya saya ga ikut dari tahun ke tahun.
      Logikanya sih kalo soalnya makin susah, berarti ga cuma kamu yang akan merasa susah, tapi semua peserta ujian.
      Jadi ga usah takut atau grogi. Kalo takut dan grogi biasanya jadi tegang dan kalo tegang justru ga bisa ngeluarin kemampuan sebaik baiknya. So, jangan terlalu mikirin tentang kesusahannya.

      Mendingan siapin diri sebaik mungkin aja. Setelah itu yah Qui Sera Sera.

  45. Ka, IPK dri d3nya ngaruh gak ya ke penerimaannya nanti? trus ntar di ijazah s1nya ngitung ipknya gimana tuh? apa dicampur ama ijazah d3nya? makasih, oh iya sy dri d3 Akuntansi UnPad, IPK masih 3,07 sih, itu pun masih banyak nilai yg blom keluar,,, maaf banyak nanya,, makasih sebelumnya heuheu

    • Hai Angga

      IPK dari D3 ga akan berpengaruh dalam penerimaan. Saya sendiri ipk D3 dibawah 2.5 tp bisa masuk PEFEUI.
      IPK S1 dihitung sendiri tanpa menyertakan IPK D3.

      Semoga sukses yaah :-)

  46. Ka Snowy, saya masih blom ngerti, ntar kan di ekstensi Manajemen UI kita ngambil sekitar 34 sks (bener gak?), itu emang bakal ‘dianggap’ sama ama s1 yg laen? karena kan kita yg 110 sksnya ngambil dri d3… klo ipk ijazah s1 cuma diambil dari yg ekstensi kan cuma 34 sks?, trus dianggap gak ya klo mau ngelanjutin s2? apalagi utk masuk ke management ekstensi s1 ini bisa dari macem2 jurusan (gak cuma ekonomi aja),, nah gmn tuh Ka? heuheu makasih…

    • Wow Wow Wow, ngga ngga. Ngga gitu caranya.
      Begitu kita masuk PEFEUI kita akan ambil full package.
      Saya sendiri mengambil 72 SKS.
      Ngga ada satu pun mata kuliah di D3 yang akan dipakai dalam transkrip nilai UI.
      Jadi jika kita sudah pernah ambil Akuntansi Biaya pas D3 dan dapet nilai A, kita tetep harus ambil lagi di PEFEUI dan tetap harus lulus.
      Ini untuk menjaga mutu.

      Perumpamaannya begini:
      Katakanlah kamu dari D3 Unpad (dengan akreditasi kampus B+) dan dapet AKBI cuma C, sementara saya dari D3 Universitas Kacungkampret (dengan akreditasi C-) dan dapet nilai AKBI sebesar A… khan ga adil kalo nilai kita masing masing masuk di transkrip UI. Nilai saya lebih bagus dari nilai kamu, padahal kampus D3 saya kalah jauh dari kampus D3 kamu. Mungkin di Unpad untuk dapetin nilai C itu udah susahnya setengah mati, sementara di Universitas Kacungkampret gampangnya minta ampun.

      Nah, jadi….. setahu saya…. semua prestasi kita di D3, entah itu jelek sekali maupun bagus sekali, tidak akan mempengaruhi apapun di PEFEUI. Ini seperti benar benar membuka lembaran baru. Semua mahasiswa baru PEFEUI sama sama mendapat titik awal yang setara.
      Saya sendiri merasa beruntung, karena ketika D3 dulu ipk dibawah 2.5 tapi di PEFEUI bisa lulus diatas 3. :-)

      • WAAAAAAAAAAHH,, JAwaban yg memuaskan Ka,, makasih KA! saya kira tadinya ipk d3 saya bakal diikutin di ijazah s1 Ekstensi,, ternyata enggak ya, ALHAMDULILLAH,, karena tdnya pas saya itung, kalo ijazah d3 saya digabung, saya gak ada kesempatan buat dapet ipk cumlaude,,, heuheu,,, MAKASIH2 KA! jadi makin semangat nih masuk manajemen Eks UI! HIDUP UI!

      • Ka berarti ntar pas daftar s2 atau kerjaan, ipk yg ada di ijazah ekstensi sudah mewakili ipk s1 kita ya? apa ntar ama panitia s2 ato HRDnya diakumulasiin sendiri ama ipk d3?

  47. Oh iya Kak,, mau tanya,, lulusan s1 Ekstensi UI, klo mau daftar kerjaan ato mau ke s2 biasanya disuruh ngelampirin ijazah dan transkrip d3nya juga atu cukup ijazah s1 ekstensi aja?? makasih

    • Sorry baru bales….
      Kalo ngelamar kerjaan, jaman sekarang jarang yang masih meminta bukti ijasah dan transkrip, kecuali mungkin di BUMN.

      Kalo ke S2, kayaknya cukup ijazah dan transkrip S1.

  48. sariningsih said:

    salam…..ka!!
    apakah ada peluang untuk mendapatkan beasiswa di PEFEUI, karena biasanya kan banyak…dr perusahaan2 yang menawarkan beasiswa ke universitas2 negri.
    Soalnya, mau masuk…tp, masih harus nabung dulu nih….!!!
    thanks atas jawabannya…

    • Hai Sari

      Kalo dari “jalur resmi” kayaknya sih saya ga pernah lihat penawaran beasiswa kepada mahasiswa PEFEUI yg di Salemba (ga tau juga yang di Depok).

      Kalo nyari sendiri lewat jalur lain mungkin aja sih bisa.

      Sorry ga terlalu bisa bantu ngejawab dengan tepat. :-(

  49. Ka, klo lulusan ekt UI, ijazahnya kan beda ma reguler kan? nah itu bakal diakui gak buat daftar s2?

  50. vera apri said:

    saya pengen kuliah di pefe ui…saya baca tesnya ada TPA dan kemampuan bahasa inggris…ada tes yang lain ga??kalau ada,,contoh-contoh soalnya bisa di download dimana?

    • Hai Vera…
      Untuk test masuk setahu saya memang test-nya seperti yang Vera sebutkan, yaitu TPA dan Bahasa Inggris.

      Kemungkinan ada test lain yaitu test matrikulasi. Test ini diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah lulus test masuk (TPA dan Bahasa Inggris). Test matrikulasi ini ditujukan untuk melihat kemampuan dasar calon mahasiswa terhadap beberapa mata kuliah dasar (seperti Pengantar Bisnis dan Manajemen, Pengantar Akuntansi… sisanya saya lupa, maaf). Kalau lulus maka tidak perlu mengambil lagi mata kuliah tersebut, tetapi jika tidak lulus maka harus mengambil mata kuliah tersebut sebagai prasyarat mata kuliah lainnya.

      Mohon maaf, karena saya sudah lama lulus jadi kurang tahu perkembangan terbaru.

  51. Ka maaf mau tanya lg,, kan ntar setelah tes TPA ama bahasa inggris ada tes matrikulasi sbb:
    * Pengantar Akuntansi.
    * Pengantar Bisnis dan Manajemen.
    * Pengantar Teori Ekonomi.
    * Pengantar Metode Kuantitatif.
    nah pertanyaannya, klo itu lulus semua, apakah matakul2 tsb diatas bakal ada di transkrip nilai ijazahnya Ka? nah klo ada nilainya diambil dri tes matrikulasi itu ya? makasih ka.. :)

    • Mungkin lebih baik tanya langsung ke sekretariat, saya takut jawaban saya sudah tidak valid lagi (karena tiap tahun bisa terjadi perubahan).

      Pas angkatan saya sih mata kuliah tersebut ada nilainya, tetapi jumlah SKS-nya 0 (jadi kalo dihitung tidak pengaruh apapun). Kalau di angkatan setelah saya mungkin ada jumlah SKS-nya, tetapi mekanisme apakah penilaiannya dapet A, B, atau C saya ga tau secara pasti (mungkin emang berdasarkan nilai ujian matrikulasi).

      • ohh gitu ya Ka,, maaf nanya lg, klo sy liat di forum2 UI, calon maba ekstensi manajemen UI yg gak lulus ujian matrikulasi disuruh ngambil mata kuliah yg gak lulus itu,, nah misalnya semua matakuliah ujian matrikulasi gak lulus, kita harus ngambil matakul2 tsb pas kuliah, nah pas diambil itu tiap matakul sksnya adalah 3 sks,, nah gimana tuh Ka? klo yg gak lulus dan ngambil mata kuliah2 tsb, jadi masuk yg terhitung ipk donk yah? sedangkan yg lulus matakul2 tsb, gak terhitung utk ipk karena sksnya 0?

  52. @Angga
    Makanya mendingan tanya langsung aja ke sekretariat. :-)
    Kondisi pada jaman saya kuliah dan jaman sekarang kayaknya beda. Jaman saya dulu matkul matrikulasi sks-nya 0, jaman setelah saya setau saya sksnya 3. Jawaban dari saya kemungkinan besar ga valid dan ga bisa dijadikan acuan karena saya sudah tidak pernah main lagi ke UI.

  53. Angga :
    Ka berarti ntar pas daftar s2 atau kerjaan, ipk yg ada di ijazah ekstensi sudah mewakili ipk s1 kita ya? apa ntar ama panitia s2 ato HRDnya diakumulasiin sendiri ama ipk d3?

    Snowy :
    Mendingan kamu ga usah pusing dulu untuk yang itu. Pikirin aja dulu persiapannya dan jalanin dulu kuliahnya.
    Setahu saya IPK D3, S1, S2 ga akan diakumulasikan.

  54. Dodol Garut said:

    Ka,, misi masih Newbie nih,,, sy kan ngambil Manajemen bisnis,, klo ngambil Skripsinya bs yg berhubungan ma manajemen pemasaran gak yah? thanks

  55. ka saya baru nyimak komen komen dari awal sampai akhir
    saya masih kuliah d3 akuntansi di pnj sebentar lagi lulus dan berencana akan daftar di ekstensi fe ui 2011.
    yg mau saya tanyakan :

    1. biaya awal masuk + semesterannya berapa ya untuk th 2010? (buat perbandingan perkiraan th 2011)
    2. berapa lama selesain eks di fe ui? ada yg bilang lebih dr 3 th?

    berhubung saya terbatas dalam hal biaya, maka saya harus mempertimbangkannya terlebih dahulu biaya + jangka waktunya.
    terima kasih :)

    • buat pencerahan aja ya..
      tahun masuk gw 2009.. uang gedung 5.6jt+spp 5,6jt=11,2 jt..
      tahun 2010 kl ga salah totalnya 16jt dgn spp/smster 8 jt..salemba n depok sama biayanya..

      dari d3 mana aja sama aja waktu penyelesaian kuliahnya,,tergantung lo belajar n keberuntungan lo dapet dosen,,
      gw juga dr pnj kok,,smangat..

  56. ass…..
    ka, kita nyari contoh soal ujian masuk PE-FEUI d web mana ya????
    tlg ya ka.. thx

  57. halo selamat siang, saya maba PEFEUI 2011, kebetulan saya menemukan blog ini sangat bermanfaat sebagai info dan trik2 berkuliah disana. saya ingin bertanya kalau saya ingin transfer SKS bagaimana prosedurnya ya?thanks

    • Dear Cece,
      Ada baiknya langsung bertanya ke Sekretariat. Maklum, blog ini bukan media resmi PEFEUI, takutnya informasi yang kami berikan tidak akurat.

  58. Hai Semua,.. Assalammualaikum,..
    Mohon Informasinya, apakah Bapak Arga Hananto S.E., M.Bus dan Ibu Maeyta Selli S.E., M.M masih merupakan staf pengajar di PE FE UI hingga saat ini? Kebetulan saya adalah alumnus PE FE UI angkatan 2006/2007 dan saya sedang membutuhkan surat rekomendasi dari beliau-beliau tersebut untuk keperluan melanjutkan studi S2. Kemana kira-kira saya bisa mengirimkan surat rekomendasi yang dimaksud, apakah dialamatkan ke sekretariat PE FE UI? atau dialamatkan ke sekretariat Departemen Manajemen FE UI? atau dialamatkan ke Dekanat FE UI? agar surat tersebut dapat sampai dan diterima oleh Bapak Arga Hananto S.E., M.Bus dan Ibu Maeyta Selli S.E., M.M? Hal ini dikarenakan keberadaan saya yang saat ini cukup jauh dari kota Jakarta, depok dan sekitarnya, sehingga surat tersebut akan saya kirim melalui Cap Pos. Atas respon dan bantuan dari teman-teman blog diucapkan terima kasih.
    Wassalammualaikum

    • informasi bisa langsung ditanyakan ke sekretariat :-)
      mohon maaf, blog ini bukan media resmi FEUI

  59. misi kak, mau tanya.. aku kan lulusan d3 elektro, tapi sekarang keterima di Bank (BUMN), jadi rencana mau lanjut management. dari Management UI sendiri banyak ga yang nyebrang jurusan? dan dari pengalaman kalian, adaptasinya mereka gimana? karena konsep belajar teknik dan manajemen kan beda :)

    • Saya kuliah D3 Komputer, bekerja sebagai orang IT, tapi pindah jalur ke FE.
      No problemo.
      Banyak kok yang pindah jalur. Adaptasinya sih tergantung tiap orang. Kalo benar benar minat pasti bisa.

  60. Banyak kok yg nyebrang jurusan kulian di manajemen. Kalo adaptai tidak begitu sulit, selama kita rajin update di kampus :-). good Luck yah ^^

    • Weeeh jadi semangad… Makasih yah ^.^
      Semoga lulus ujian masuknya :D

      • Selamat sore, kalo S1 hukum mau ambil ekstensi akuntansi UI bisa? Saya tahu ini bukan blog media komunikasi FEUI, tapi mungkin ada yg punya informasi. Thanks

  61. @endi
    bisa… tinggal ikutan ujian masuknya aja kok :)

  62. kalo ambil akutansi bagusan yang FEUI yang dimana ya? yang paling bagus yang dimana?

  63. maaf ya,numpang tanya

  64. apakah tahun 2013 masih dibuka program ekstensi?

  65. @bou : sama aja kok antara salemba dan depok. biasanya yang depok kebanyakan fresh graduate D3, salemba kebanyakan pekerja kantoran. perhatikan aja jarak tempuh dan waktu tempuh dari tempat bou.

    @rinna : kalo ramalan suku maya ga terbukti dan kiamat ga jadi dateng di 2012, kayaknya sih Program Ekstensi FEUI masih buka di 2013. Hehehehehehe…..

  66. maaf mau tanya biaya kuliah PE FEUI Akuntansi untuk tahun 2012 kira – kira berapa yaa? :)

  67. Mas..kalau ikut matrikulasi UI S1 ke S2 brapa lama ya?

  68. mas admin, saya bingung banget nih tentang berita kalo untuk ekstensi Akuntansi itu hanya bisa diambil oleh yang berbackground akuntansi atau diperkenankan untuk yang pernah ambil pengantar akuntansi, nah kalo kuliahnya ga pernah ambil pengantar akuntansi ga bisa ambil ya? kalo kelas matrikulasi itu ada ngga sih untuk kelas ekstensi akuntansi? atau hanya untuk ekstensi manajemen saja? mohon pencerahannya ya temans. trims

    • rekan ario,
      Di fakultas ekonomi UI, program ekstensi S1 akuntansi memang khusus bagi lulusan D3 akuntansi (dari kampus manapun).
      Jadi apabila pas D3-nya bukan dari D3 akuntansi yah tidak bisa daftar.

      D3 dari jurusan lain bisa mengambil program ekstensi S1 manajemen. Di manajemen pun ada pelajaran pengantar akuntansi dan pelajaran akuntansi biaya.

  69. biondi suyanto said:

    ka, selama kaka kuliah mata kuliah apa aja sih yang susah di manajemen?
    mata kuliah yang hitungan apa aja ka ?
    bisa diurutkan dari yang paling susah ka?? trims

  70. Saya mahasiswa D3 Manajemen Pemasaran disalah satu PTN
    Saya berminat ingin masuk ekstensi manajemen komunikasi pemasaran FE UI setelah saya lulus.
    Yang mau saya tanyakan:
    1.Apakah konsentrasi yang saya ambil bisa lebih cepat dibawah 2 tahun ?
    2.Dan bila saya masuk di ekstensi manajemen saya akan mendapatkan gelar apa?
    3.Bila sebelumnya di D3 saya mendapat 2 sks di satu matakuliah dan bilamana matakuliah tersebut 3 sks di ekstensi, apa saya harus mengkredit 1 sks untuk menutupi jumlah kredit sks?

    thanks infonya senior :)

    • 1. Kalau semua lancar dan strateginya tepat, kemungkinan untuk lulus pas 2 tahun sih besar. Kalau lebih cepat…. mmmm…. rasanya sih agak susah….
      2. SEks (Sarjana Ekstensi)…. hahahahahaha…… bohong deng….. Gelar sarjananya sama kok dengan program reguler… Sarjana Ekonomi (SE).
      3. Semua yang sudah pernah diambil di D3 akan diulang. D3 masing2 kampus memiliki akreditasi yang berbeda.
      Contoh : D3 Superhero University akreditasi A. D3 Krocomumet Institute akreditasi B.
      Di Krocomumet mungkin gampang sekali dapat nilai A untuk matakuliah matematika bisnis. Sementara di Superhero ternyata dapat nilai B itu susahnya minta ampun.
      Nah kalo sama sama masuk di PEFEUI dan nilai dari D3 diambil, maka ga adil khan untuk yang dari Superhero? Jadi begitu masuk PEFEUI nilai dari D3 ga akan dimasukkan.
      Ini untuk menyamakan mutu lulusan PEFEUI. Kompetisi seimbang dengan garis start yang sama.

  71. mohon maaf sebelumnya, saya mau tanya, saya adalah istri seorang suami dengan pendidikan terakhir STM tahun lulusan 2008, suami saya mengalami kesulitan mencari pekerjaan karena sekarang pekerjaan banyak yang membutuhkan ijazah s1. dia saya ingin kuliah lagi,
    1. apa bisa dia kuliah lagi?
    2. jurusan apa yang bisa dipilih, masuk eksak dan atau sosial? dia sebenarnya dulu ingin sekolah di SMU, tapi ortu menyarankannya STM, dia tertarik dengan bidang eksak non teknik, bisa pa tidak ya? apa bisa dia kuliah di fakultas selain teknik?
    3. bagaimana caranya supaya dia bisa masuk kuliah di perguruan tinggi negeri? insyaAllah tahun ini dia mau kuliah, apa program yang bisa menampung lulusan STM yang lama luluz juga di program ekstensi
    4. apa dia jg bisa masuk ke PEFEUI ?
    kemauannya buat belajar lagi cukup tinggi, sayang kalau dia gak kuliah lagi.
    trimakasih informasinya…saya tunggu jawabannya. terima kasih :)

    • Mbak Rinkashely,
      Semoga suami anda bisa cepat dapat pekerjaan, dan pastinya dukungan seorang istri adalah energi terbesar bagi suami.
      1. Tentu saja bisa. Usia tidak pernah menjadi penghalang.
      2. Saya sarankan ambil jurusan yang memiliki prospek yang baik di dunia pekerjaan, dan juga suami anda benar benar minati. Setahu saya fakultas non teknik juga banyak yang menerima lulusan STM.
      3. Informasi tentang penerimaan mahasiswa baru biasanya disebarkan sekitar bulan mei, mendekati kelulusan SMA sederajat dan penerimaan mahasiswa baru (yang biasanya juli – agustus). Ikutin saja informasi dari PTN yang diminati. Hubungi sekretariat dari fakultas yang dituju. Program Ekstensi terbuka untuk semua usia. Pas angkatan saya dulu ada yang usianya sudah 40 tahun lebih.
      4. Menurut saya sih bisa, tapi supaya yakin lebih baik tanyakan langsung ke pihak sekretariat PEFEUI.

      Semoga sukses

  72. lingling said:

    saya ingin lanjut s1 manajemen nih, saya bru llus d3, kampus ekstnsi s1 manajemen di salemba atau depok yah? atau pilih 22nya bisa nih.. tlng donk kak jwbnya?trims

    • pilih yang paling dekat dengan tempat tinggal atau kantor saja.
      biasanya orang orang yang bekerja pada pilih salemba…. orang orang yang fresh graduate dan belom minat kerja pilihnya di depok.

  73. Ida Gamoet D'Girlz said:

    jika alumni SMKn akuntansi, sy harus ambil di bidang kuliah apa ini?? tolong bantu sy, sy bingung.,.
    tolong ia?

    • pilih yang paling kamu sukai tentunya :-)
      mau ambil manajemen silahkan, mau fokus ke akunting silahkan.

  74. mau tanya mas, kalau lulusan d3 prpajakan sudah dapat mata kuliah pengantar akun, intermedit akun, advance akun, cost akun, dapat pngurangan sks ga y? apa harus ngulang lg?

    • kalau lulus matrikulasi, maka pengantar akun ga harus ngambil lagi…. –> at least itu yang saya tahu.

  75. Maaf ka apakah waktu kuliah (hari dan jam) di UI Depok sama dengan UI Salemba?
    Bagaimana caranya kalo kita mau pindah jurusan dr Akuntansi ke Manajemen?

    • waktu kuliahnya sama….
      pas mau daftar pilih aja jurusan manajemen. setau saya sih kalo udah di tengah kuliah mah ga bisa….

  76. Tolong dong jelas arti matrikulasi dan psikotes….?

  77. Annisa Febriyani said:

    saya lulusan D3 FE unpad,,pengen banget masuk ekstensi ui jurusan akun,,ada ga contoh soal kemarin yang bisa saya download?atau kalau ga ada untuk persiapan test buku apa aja yang harus saya pelajari bserta materi apa saja yang harus di pelajari,mhon d jawab plisss pliissss,,,,,

    • sorry, ga punya contoh soal untuk di download :-(
      biasanya ga jauh jauh beda banget kok sama buku Test Potensi Akademik yang ada di toko buku,,,

  78. Poetrandy said:

    saya lulusan D3 Keuangan Spesialisasi Aktuaria STAN, dan saya berminat untuk ngelanjutin ke Ekstensi Akuntansi UI. Yang saya mau tanyakan adalah, apakah semua jurusan dari STAN itu bisa masuk ke jurusan Akuntansi UI?? karena kalo di lihat dari persyaratan pendaftarannya harus dari D3/D4 AKuntansi, STAN, sarjana ekonomi ataupun d3 non akuntansi tp sdh lulus pengantar akuntansi. Berhubung dijurusan saya hanya ada akuntansi aktuaria & dana pensiun apakah bisa dikatagorikan sebagai pengantar akuntansi jg??? dan apakah saya bisa lanjut ke Ekstensi Akuntansi UI??

    dan satu lg mau tanya aja nihh kalo untuk daya saing dan Peminatan masuk ekstensi Akuntansi maupun Manajemen UI itu lebih besar mana ya antara yg di UI depok dgn UI Salemba??? karena kalo dilihat dari daya tampung di UI depok itu lbh besar dibanding UI Salemba… apakah peminatnya itu berbanding lurus dengan banyaknya daya tampung ataukah sebaliknya???

    please advicenya.. thank you

    • untuk yang pertanyaan pertama bisa tanyakan langsung ke sekretariat untuk info lebih akurat. setau saya sih memang seperti yang anda tuliskan.

      daya saing untuk masuk salemba / depok belum pernah saya ukur… kayaknya sama aja sih… yang jadi pembeda biasanya kelas salemba peminatnya adalah orang2 yang sudah bekerja ga terlalu jauh dari tengah kota…. sementara (pada jaman saya dulu) yang di depok kebanyakan fresh grad D3 yang melanjutkan kuliah ke S1.

  79. Thanks sebanyak-banyaknya.
    Semoga tulisan ini dicatat sebagai amal kebajikan penulisnya yang telah sudi berbagi karyanya…

  80. saya pernah dengar ada larangan menggunakan fotokopian buku teks, jadi kalau ketahuan dosen langsung tidak diperbolehkan menggunakan fotokopian alias harus beli buku benerannya. apa itu benar?

    • coba bantu jawab ya…dulu si waktu gw kuliah disana ada beberapa dosen yg emang ngga ngebolehin kita pake buku fotocopy tetapi ada jg yg ngebolehin
      tetapi sebenernya si ga masalah…waktu gw kuliah dulu semua buku gw fotocopy…tetapi pas matkul dosen yg ga boleh pake buku fotocopy ya tinggal minjem di perpus
      buat tambahan aja…klo bisa pas pelajaran dosen yg ga boleh pake fotocopy minjem buku di perpusnya lebih cepetan soalnya biasanya stok buku edisi barunya sedikit jd klo ga dapet ya harus pake edisi yg lama n klo lebih apes lg ya keabisan tu buku

  81. Ka mau tanya, klo kelas salemba ada BEMnya gak? :D

  82. sekarang SPPnya brp ya..?

  83. mau ikutan tanya nih mas, saya lulusan S1 pendidikan eksakta, kalau mau lanjutin ekstensi akutansi UI bs ga yah? makasih di tunggu infonya :)

    • Coba bantu jawab ya:
      Bisa mbak,
      tapi kok kayaknya sayang ya, S2 akuntansi di UI juga bisa kok dari S1 apa aja :)

  84. saya yunita, mahasiswi d3 UNRI.. kebetulan bntr lg kelar n mau lanjut UI thn depan.. tp beneran nih smua matkul d ulang?? ujian martikulasi cuma utk pengantar doang ya? percuma dong kalo dapat IP 3.9 kalau smuanya d ulang.. ada dak ujian martikulasi utk matakuliah selain pengantar?

  85. Kakak admin,
    bisa tolong ditambah Agus Salim S.E., MSE. (pengajar matematika n statekbis) sama Ayu Aprilianti M.Si (pengajar MSDM)?
    Semester kemarin diajar mereka berdua, mau kasih testi tapi namanya belum ada :)

  86. min. tolong tambahkan dosen2 akuntansi juga donk, supaya bertambah pengetahuan mahasiswa tentang dosen ybs. Kalau bisa Ibu Aria Farah Mita (dosen akuntansi keuangan) dan Vera Diyanti (dosen audit). hehe.
    Trims.

  87. Min, tolong tambahkan page untuk ibu Selvy Monalisa, MBA (mengajar AK1, AK2, MKDB PEFE Akuntansi) ; bapak Ludovicus (Audit 1, audit 2) ; ibu Cut Saskia (AK1, AK2), bapak Yan Rahadian, ibu Elok Tresnaningsih (Tata kelola perusahaan) dan ibu Anak Agung Ayu Ratna Dewi (AKL). Terimakasih :)

  88. kalo yg masih newbe bisa masuk ga ya…
    soalnya gw lulusan otomotif, akan tetapi gw kerja pas dapet tugas bagian akutansi…
    jadi gw garap tugas mwnggunakan logika,,,
    berdasarkan kemempuan itu gw suruh kuliah lagi gmna ya pendapatnya admin…

    • Rekan Faiz,
      Kalau mau kuliah di PEFEUI jurusan Akuntansi, setau saya harus dari D3 Akuntansi.
      Kalau dari Otomotif, kayaknya cuma bisa masuk ke Manajemen.
      Soal kemampuan, asalkan bener2 mau kerja keras, harusnya sih bisa kuliah di FEUI.

    • Dear faiz,
      Sekarang semua jurusan dapat masuk ekstensi akuntansi atau manajemen, tapi kalau jurusannya dari otomotif masuknya ke kategori B atau C.
      Di kurikulum 2012,
      Kategori A = 5 semester (biasanya buat lulusan D3 akuntansi, ekonomi, manajemen etc dari PTN n STAN, atau lulusan S1 ekonomi/manajemen/akuntansi)
      Kategori B = 6 semester (3 tahun, alias hampir sama kayak ngambil S1 dari awal)
      Kategori C = 7 semester (3,5 tahun)

      tahun 2012 sih cuma ada kategori A & B dan ngga ada tuh yg masuk kategori C, semoga ngebantu
      :)

      Edit: Tahun ini, sesuai pedoman pendaftaran, yang dapat masuk ekstensi akuntansi hanya berasal dari lulusan DIII, DIV jurusan akuntansi, STAN, atau Sarjana Ekonomi. Untuk lulusan STAN semua jurusan (misal bea cukai, pajak, etc) bisa ambil ekstensi akuntansi. Maaf terdapat kesalahan informasi sebelumnya.

  89. kalau statusnya mahasiswa transfer s1 akuntansi dari univ swasta, bisa ngelanjutin ekstensi akuntansi di UI ga?

    • Dear reika,
      definisi transfer itu apa?
      Kalau kamu udah selesai S1 (udah skripsi, sidang, lulus) kalau ngelanjutin ke ekstensi FEUI ntar masuk kategori A yg 5 semester,
      tapi kalau belum lulus ya ngga bisa.

      Rei coba telfon sekretariat ekstensi aja biar lebih jelas :)

      Kampus UI Salemba : Jl. Slemba Raya No. 04Jakarta Pusat Tlp.
      31935080, 31930260
      Kampus UI Depok : Fakultas Ekonomi UI Depok Tlp. 021-7863571,
      7272649

  90. halo salam kenal! Blognya bagus & bermanfaat.
    Mau nanya nih, saya tertarik pengen kuliah lagi di PE FEUI ambil yang Manajemen.
    Saya S1 eksak, jadi masuknya kategori B ya? Kalo dari komposisi mahasiswa selama ini banyakan dari D3 apa S1 mas? Saya prefer ngga ngambil S2, tapi pengen ngambil S1 nya biar basicnya lebih dapet :)
    Ohya, kira2 kurikulum ekstensi Manajemen saya bisa lihat dimana ya?
    Terima kasih banyak.

    • Dear faiman,
      Iya, kemungkinan masuk kategori B, teman saya dari D3 Ilmu Komputer & Teknik masuknya kategori B :]

      Komposisi mahasiswa mayoritas dari D3, dan kalau kurikulum dibagiin dalam bentuk buku katalog mata kuliah untuk mahasiswa,
      tapi saya ngga menemukan file kurikulum yang beredar on-line, mungkin faiman telfon sekretariat ekstensi saja soal kurikulum, soalnya saya ngga tahu file itu boleh di-upload atau ngga :)

  91. abdau sa said:

    Permisi numpang tanya, kalo persaingan tes masuknya sendiri itu murni berdasarkan nilai aja atau ada kekhususan sendiri misal, D3 UI mndapatkan jatah sekian % atau misal lebih diutamakn yg dr ptn ? Makasih :D

    • Dear abdau,
      Setahu saya nilai saja :)

      Banyak kok yg bukan dari UI, yg dr UNPAD, PNJ, UNJ, etc ada.
      Yang dr D3 Perhotelan n D3 sekretaris juga ada kok, semua bisa masuk asal memenuhi syarat pendaftaran dan nilai ujiannya mencukupi :)

  92. mau tanya.. untuk sma bru lulus mau masuk jurusan s1 akuntansi ui disalemba ada gak?? atau hanya ada di depok ajh?? lalu matematika ui s1 ada disalemba juga gak?? terimakasih.

    • Sinta,
      untuk SMA baru lulus semuanya di Depok, baik kelas paralel, reguler ataupun vokasi (D3)

      Kecuali kedokteran ada di Salemba :)

  93. Min, kalau lulus ujian matrikulasi berarti lama kuliahnya 2tahun? Kalau lulus semua ujian matrikulasi, trus semester 1 mata kuliah nya apa aja?

    • Saya masuk tahun 2012, dan tahun 2012 ngga ada ujian matrikulasi, jadi harus ambil semuanya…
      kurang lebih 69 sks – 80 sks, tergantung dapet kategori A atau B, bisa lihat di comment saya sebelumnya ya :)

      Sebenarnya kalau ada SP (Semester Pendek) sih 2 tahun bisa, tapi TA 2012/2013 kemarin ngga ada SP, jadinya ya paling cepat 5 semester.
      Ngga tahu TA 2013/2014 ini ada SP atau ngga :)

  94. DieNeverDay said:

    Infonya membantu..saya lulus PEFEUI tahun 2004 ( dulu persemester SPP 1,75 Jt )
    Saran biar cepat lulus, ikuti buku panduan pengambilan Mata Kuliah ( MK )
    Bila ada MK yang tidak lulus , segera ambil di SP ( semester pendek )
    Perhatikan MK yang berprasyarat.
    SUKSES SELALU

  95. Mekanisme penetapan beban studi klasifikasi : A dan B
    matakuliah :

    Klasifikasi A.

    1. MGMT12004 Manajemen Keuangan
    2. MGMT13005 Manajemen Pemasaran
    3. MGMT15001 Manajemen Operasi
    4. ECON11200 Statistika Ekonomi & Bisnis
    5. MGMT14009 Manajemen SDM

    Klasifikasi B

    1 ACCT11101 Pengantar Akuntansi 1
    2 MGMT11001 Pengantar Bisnis
    3 ECON11100 Matematika Ekonomi & Bisnis
    4 MGMT11003 Pengantar Hukun Bisnis
    5 ECON10100 Pengantar Ekonomi 1

    saya mahasiswa baru 2013… mau nanya maksud dari klasifikasi A dan B itu apa yah ka..??

    • Dear je,

      kamu lihat lagi di SIAK NG, search nama kamu dapet klasifikasi A atau B,
      kalau dapat A ya harus ambil mata kuliah di klasifikasi A, dan sebaliknya kalo dapet B.

      Sebenarnya itu masalah asal jurusan D3 aja, biasanya kalo awalnya dr ekonomi (akuntansi, pajak, manajemen, etc) dapet klasifikasi A.
      Kalo teknik, komunikasi, sekretaris etc dapet klasifikasi B.
      Jadi yg klasifikasi B emang total sks-nya lebih banyak (seingat sy yg A 69 sks, yang B 78 sks)
      Tapi pembagian klasifikasi ini hak kampus sih kriterianya.

      Semoga ngebantu :)

  96. Ka, boleh tau mata kuliah apa aja yang dipelajari di PEFEUI jurusan Manajemen & Akuntansi?
    Tolong infonya. Thanks..

  97. halo, saya mau nanya nih. Saya baru aja lulus dari STAN D3 spesialisasi Anggaran /Perbendaharaan Negara. Kalau saya mau ambil kelas manajemen ekstensi UI berarti masuk ke kelompok A ya? Terus waktu pendaftarannya barengan sama SIMAK atau gimana? makasih infonya :’)

    • Betul. Untuk anak STAN yang ambil Manajemen, semua masuk kelompok A, beda dengan anak STAN yang ambil Akuntansi, hanya yang dari spes Akuntansi juga yang masuk Kelompok A. Spes lain masuk kelompok C.

      Untuk tets masuknya, Jalur masuk ekstensi UI memang hanya lewat SIMAK. Jadi pantau terus ya informasi pendaftarannya..

  98. kalo ekstensi managemen dari d3 akuntansi brp sks. Apakah tetap 5 semester kalau dari d3 akun

    • Tergantung universitasnya ade,
      kalau dari UI, STAN, dan mayoritas PTN (UNDIP, UNPAD, UGM, etc) dapatnya klasifikasi A (5 semester)
      kalau dari Universitas swasta dan sebagian PTN lain klasifikasi B (6 semester)

      Semoga ngebantu :)

  99. Selamat beraktifitas, saya dari d3 pajak unpad mau tanya :
    1. Apakah bisa lanjut ke PEFEUI Jur akuntansi sedang di info PEFE UI sendiri jur akuntansi hanya bisa jur akuntansi saja? Soalnya sy sendiri sudah pernah belajar pengantar akun 1&2, Akuntansi keu. menengah 1&2. akuntansi pajak, akuntansi keu. lanjutan
    2. Martikulasi buat jurusan akuntansi apa saja?
    3. Buat biaya bangunan yg 8 juta apakah bisa di angsur di smt berikutnya?
    4. 5 semester itu full matakuliah(sks) atau 4 yg full 1 smt kosong buat nyusun skripsi ya?
    Makasih sebelumnya, sgt ditunggu penjelasannya hehe :)

    • Dear tom,

      1. Setahu saya sejak tahun 2012 hanya bisa dari jurusan Akuntansi kecuali lulusan STAN atau sudah SE
      (Calon yang memilih Program Studi Akuntansi disyaratkan berasal dari lulusan D-III Akuntansi, D-IV Akuntansi, STAN atau Sarjana Ekonomi.)
      Dibuka lagi ya tab bagian “Info untuk Calon Mahasiswa PEFEUI” :)

      2. Sekarang tidak ada matrikulasi
      3. Tom bisa telfon langsung ke sekretariatnya, kontaknya bisa di klik di link “Sekretariat”
      4. Semester akhir masih ada mata kuliah, tapi biasanya tidak full (kalau klasifikasi A hanya 2 mata kuliah), sisanya skripsi

      Semoga ngebantu :)

  100. Halo saya risty lulusan d3 statistika its..
    kalau ingin melanjutkan s1 di manajemen keuangan bisa atau tdk ya min? Lalu saya masuk ke klasifikasi A atau B? Thanks

    • Bisa ris :)

      Kalau tidak klasifikasi B ya C, bisa telfon ke sekretariat kampus untuk thau klasifikasinya.
      Btw penjurusan itu (keuangan, SDM, operasi, atau pemasaran) baru mulai di semester 3 (klasifikasi A) atau semester 4 (klasifikasi B/C)
      Jadi nanti pas daftar jurusannya hanya manajemen :)

  101. Selamat pagi :)
    Saya Rizal baru lulus D3-Akuntansi STAN Oktober 2013 kemarin.
    Mau tanya:
    1. Untuk saat ini saya belum mendapatkan ijazah asli beserta transkrip nilai dll. Nah apakah untuk daftar ke PEFEUI Jurusan Akuntansi harus disertai dengan dokumen2 tsb?
    2. Untuk tahun ini (2014) kapan ya pendaftaran Program Ekstensi dibuka? Apakah berbareng dengan Jalur SIMAK UI?
    3. Untuk lokasi kuliah apakah kita bisa memilih untuk kuliah di kampus Depok saja atau di kampus Salemba saja? Atau harus mengikuti jadwal dosen yang kita pilih (pindah2 antara Depok dan Salemba)? Adakah perbedaannya antara 2 lokasi kuliah tsb?
    4. Semester Pendek hanya bisa diambil untuk mengambil mata kuliah di smt depan atau juga bisa untuk mengambil kembali mata kuliah yang nilainya masih kurang? Berapa lama maksimal untuk menyelesaikan PEFEUI Akuntansi?
    5. Ketentuan mengenai mata kuliah yang sudah pernah kita ambil sebelumnya bagaimana ya? Apakah semua diterima sehingga kita hanya perlu mengambil MK yang belum kita ambil sebelumnya atau harus mengulang bbrp MK? Ketentuannya bagaimana ya?

    Maaf jika bertanya terlalu banyak, dan terima kasih atas penjelasannya.. :)

    • 1. Bisa tanya ke Sekre.
      2. Bisa tanya ke Sekre, tapi setahu saya sih beda jadwalnya.
      3. Biasanya emang milih salah satu kok. Disesuaikan saja dengan kondisi masing masing. Misal, kalo kamu karyawan di daerah Sudirman yang kerjanya dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore… yah mendingan ambil kelas Salemba. Atau kalau kamu Wiraswastawan di daerah Cisalak, yah mending ambil kelas di Depok.
      Ga perlu ngejar ngejar dosen. Udah diatur kok jadwalnya oleh pihak UI.
      4. Bisa dua duanya.
      5. Please read the previous comments above.

  102. Kak, Mau nanya klo dr D3 Komputer UGM bisa ekstensi S1 Manajemen UI ga?

    kategory nya A atau B?
    trus, lama selesai kuliah ekstensinya brapa tahun? apa bisa 2 tahun aja?

    makasih :)

    • Dear vian,
      bisa telfon sekrenya.

      Tapi kalau pengalaman yg sebelumnya sih kategori B, 6 semester alias 3 tahun :)

  103. hallo saya ayu,lulusan S1 pendidikan ekonomi,saya sangat berminat di bidang akuntansi,apakah saya bisa kuliah di PEFEUI jurusan akuntansi?apakah PEFEUI jurusan akuntansi menerima mahasiswa non akuntansi?mengingat saya pernah kuliah pengantar akuntansi dan mata kuliah lain yg berhubungan dengan akuntansi…
    mohon info recomendasi blog khusus PEFEUI jurusan akuntansi yg bisa sharing tentang masalah saya… :D
    satu pertanyaan lagi (maaf kalo agak sedikit melenceng),,dalam website FEUI pada program S2 MAKSI-PPAk ada keterangan soal biaya pendidikan,sbb:
    Membayar biaya operasional pendidikan untuk 2 Program, yaitu :

    BOP Program Magister (2 Program)
    BOP Program Profesi (2 Program)

    maksudnya bagaimana ya?jadi berapa biaya yg harus dibayar jika saya ingin melanjutkan kuliah S2?
    dan bagaimana bembagian SKS antara kurikulum MAKSI dan KUrikulum PPAk?

    mohon bantuannya,,sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    • Dear ayu,
      Kalau ekstensi akuntansi hanya dari d3 akuntansi atau lulusan STAN, atau S1 SE,
      jadi dr S1 ilmu ekonomi bisa :)
      Buka lagi di link “info-untuk-calon-mahasiswa-pefeui/” bagian atas blog ini

      kalau untuk S2 maksi coba telfon sekre maksi aja
      Gedung Prof. Dr. M. Sadli (FEUI Salemba) lt.2
      Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta 10430
      Telpon: (021) 31907848, ext. 621 – 622

  104. Assalamualaikum wr. wb.
    Perkenalkan saya nurul lulusan D3 Akuntansi Th 2012…salam kenal…=)
    Begini saya berharap dapat lulus seleksi masuk kelas S1 Ekstensi Fakultas Ekonomi UI tahun ajaran 2014/2015 ini. Apakah bisa minta tolong informasi mengenai tempat bimbel/les khusus untuk persiapan masuk seleksi kelas ekstensi fakultas ekonomi UI??
    Dikarenakan sekarang saya juga sedang bekerja jadi saya kira akan lebih baik mengikuti bimbel/les khusus untuk tes masuk UI tersebut.
    Mohon bantuannya bila ada informasi mengenai hal tersebut…terima kasih sebelumnya…
    Semoga kamu senantiasa diberikan keberkahan dan kebahagiaan. aamiiin
    Wassalamualaikum wr. wb

  105. Selamat malam, saya lulusan STAN tahun 2013 dari jurusan Akuntansi.
    Syarat untuk pendaftaran PEFEUI ini adalah melalui SIMAK dengan mengupload dokumen yaitu ijazah dan transkrip nilai sedangkan kami dari lulusan STAN hanya memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang mencantumkan IPK Kelulusan dikarenakan ijazah dan transkrip berada di pihak Kementerian Keuangan.
    Apakah saya tetap bisa mendaftar PEFEUI walau hanya dengan dokumen SKL saja?
    Terima kasih.

  106. Saya ingin meperdalam ilmu akutansi krna cita2 saya mjd akutan yg sukses

  107. hendra suryana said:

    saya juga tertarik untuk kuliah PEFEUI. saya lulusan D3 Manajemen pemasaran Unpad. sekarang bekerja sebagai PNS di kementan dan Insya Alloh jika dikehendaki akan melanjutkan ke PEFEUI Jurusan manajemen SDM. kira-kira mata kuliah yang diakui sebelumnya berapa ya..

  108. Sharah Rumaissha said:

    Wah kaka pun program ekstensi Fe UI ? Ada kontak atau social network yg bisa di hubungi ka? Banyak yg ingin saya tanyakan terima kasih :)

  109. Hi, admin.. saya lulus dari D3 Statistika ITS pengen banget ngelanjutin ke S1 Manajemen UI bisa nggak ya? untuk masa studinya kira-kira berapa tahun dan masuk golongan apa nih? makasih:)

  110. Asslkum..

    Kalo lulusan DIII Agribisnis Univ. Jambi bisa g ngelanjut ke ekstensi UI.. di jurusan Manajemen bisa g ya.. penglman hampir 2 tahun di perbankan. Untuk 2014 kpan y dimulai seleksi penerimaannya.. mhon blasanny.. terimakasih.

  111. Mas @snowy, ntar tamat dr ekstensi UI, di ijazah atau transkrip nilai kan ga ada embel2 ekstensinya kan ya? Sama aja kyk yg tamat reguler kan? Hehe. Trimakasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: